Ramos Horta: Wartawan menginspirasi pembaca berbuat terbaik

id Ramos Horta, timor leste, J. Ramos Horta, wartawan, karya juur, bahan pemberitaan, kemajuan demokrasi, Perserikatan Bangsa Bangsa

Ramos Horta: Wartawan menginspirasi pembaca berbuat terbaik

Ilustrasi (ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Mantan Presiden Timor Leste J. Ramos Horta mengharapkan karya para wartawan dapat menginspirasi pembacanya untuk melakukan sesuatu yang terbaik.

"Wartawan dituntut menciptakan karya yang dapat dipertanggung jawabkan dan bermanfaat untuk kepentingan banyak orang," kata Ramos- Horta di Jakarta, Kamis.

Ramos-Horta tampil sebagai salah satu pembicara pada forum diskusi dengan topik "Kualitas Wartawan" serangkaian peringatan kemerdekaan pers dunia 2017 di Jakarta.

Ramos menyatakan tidak menyukai wartawan yang datang ke negaranya dalam waktu satu, dua hingga tiga hari untuk mengumpulkan informasi sebagai bahan pemberitaan di medianya.

"Kami senang pemberitaan yang menginspirasi pemerintah dan rakyat untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan demokrasi," kata Ramos, penerima Nobel Perdamaian tahun 1996.

Ia memberi contoh, seorang anak usia tiga tahun menuntun ayahnya keluar dari wilayah rawan perang hingga bertemu petugas penyelamat atau UNHCR dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

"Artikel yang ditulis wartawan tentang seorang anak yang menuntun ayahnya hingga selamat dari perang dapat menginspirasi pembaca untuk berbuat yang terbaik bagi sesama manusia," ujarnya.