Alex Noerdin: Seluruh kabupaten akan dipasang CCTV

id Alex Noerdin, kamera pengawas, CCTV, kamera, masyarakat merasa aman, kota masa depan

Alex Noerdin: Seluruh kabupaten akan dipasang CCTV

Alex Noerdin (twitter.com/Alex Noerdin)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan seluruh kabupaten dan kota di wilayahnya direncanakan dipasang Closed Circuit Telivision untuk menjaga keamanan supaya semakin baik.

Dalam jangka panjang kamera pengintai tersebut akan dipasang di kabupaten dan kota di daerah tersebut, kata gubernur saat meninjau Closed Circuit Television (CCTV) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (3/5).

Lebih lanjut dia mengatakan, kamera itu penting karena dapat melihat pergerakan dan suasana disuatu tempat terutama pengamanan.

Namun, lanjut gubernur, untuk tahap pertama akan dipasang di kawasan olahraga Jakabaring Palembang.

Pemasangan di kawasan tersebut karena Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games dan areal itu menjadi pusat pelaksanaan pesta olahraga internasional mendatang.

Dia mengatakan, Kota Palembang bisa mencontoh Makassar karena sistem pemasangan kamera pengintai tersebut cukup baik.

Oleh karena itu pihaknya bersama Wali Kota Palembang Harnojojo, Kapolda Sumsel dan Kasdam II/Sriwijaya meninjau sistem CCTV di kota Makassar tersebut.

Gubernur mengatakan, sudah selayaknya kemajuan sebuah kota diiringi dengan pelaksanaan sistem kamera pengamanan yang baik terlebih untuk mewujudkan kota masa depan.

Jadi Kota Palembang dapat belajar dan mengambil manfaat dari kunjungan kerja ke Makassar tersebut, ujar dia.

Dalam kunjungan tersebut gubernur dan rombongan diajak berkeliling untuk melihat server CCTV milik Pemerintah Kota Makassar, pusat pengolahan informasi dan lainnya.

Sebelumnya gubernur beserta jajaran dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengadakan pertemuan

membahas kemajuan dan pencapaian daerah masing-masing.

Wali Kota Makassar mengatakan, pihaknya memasang 60 ribu kamera tersebut dan pada saat tertentu menyiarkan kejadian penting bagi masyarakat.

Pihaknya juga memaksimalkan infra red yang mampu menjangkau hingga jarak 4 kilometer sebagai video survailance, kata dia.

Selain itu, Makassar sky hunter yang digunakan sebagai pencegahan tindak kriminal dan sky guard di tingkat kecamatan dengan menggunakan drone sederhana untuk mengatasi persoalan wilayah.

Namun, lanjut dia, meski pencapaian dalam penerapan kamera, Makassar yang terbaik tetapi pihaknya masih perlu belajar banyak dari Sumsel,

Hal ini karena Sumsel cukup berhasil dalam penyelenggaraan olahraga internasional, pembangunan Light Rail Transit dan kemajuan infrastruktur lainya.