Dinsos Sumsel anggarkan bantuan bagi penyandang cacat

id dinsois, bantuan disabilitas, kaum disabel, bantu penyandang cacat

...Dana bantuan untuk kaum disabel atau penyandang cacat terus dianggarkan dengan besaran sesuai dengan kemampuan keuangan daerah...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan sejak beberapa tahun terakhir terus berupaya menganggarkan dana bantuan bagi penyandang cacat di provinsi meskipun tidak besar.

Dana bantuan untuk kaum disabel atau penyandang cacat terus dianggarkan dengan besaran sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir pihaknya baru mampu mengalokasikan dana bantuan untuk kaum disabel ratusan juta rupiah.

Dana yang dialokasikan tersbeut untuk membantu para penyandang cacat membeli peralatan yang bisa memudahkan mereka beraktivitas seperti kursi roda, tongkat, alat bantu dengar dan peralatan lainnya, katanya.

Menurut dia, dana yang dialokasikan tersebut nilainya relatif sedikit jika dibandingkan dengan penyandang cacat di daerah ini memerlukan perhatian dan bantuan yang jumlahnya mencapai di atas 5.000 orang.

Untuk mengatasi minimnya dana tersebut, pihaknya berupaya menyeleksi penyandang cacat yang akan dibantu sehingga benar-benar tepat sasaran atau tidak jatuh ke tangan yang tidak berhak.

"Penyandang cacat perlu dibantu sehingga bisa mandiri dan tidak menjadi beban atau menimbulkan masalah sosial bagi keluarganya," ujarnya.

Dengan diberikan bantuan peralatan tersebut dan perhatian khusus, para penyandang cacat diharapkan mampu beraktivitas sebagaimana halnya orang normal dan menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis atau bermanfaat bagi dirinya dan keluarga.

Melalui upaya tersebut diharapkan para penyandang cacat di daerah ini bisa memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat, kata Belman.