Wapres buka kegiatan bersih-bersih 1.001 masjid

id Wakil Presiden, Jusuf Kalla, masjid, Ramadhan, bersih-bersih masjid, kebersihan masjid

Wapres buka kegiatan bersih-bersih 1.001 masjid

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka kegiatan bersih-bersih 1.001 masjid dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

"Dalam Islam sudah dijelaskan kebersihan adalah sebagian dari iman. Apalagi masjid adalah tempat kita beribadah dan menjadi pusat kegiatan umat Muslim," kata Wapres yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia di auditorium Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu.

Wapres mengatakan, kegiatan yang difasilitasi PT Unilever Indonesia Tbk itu juga sebagai bagian untuk mendidik petugas masjid bagaimana menjalankan kebersihan masjid.

Hal itu merupakan bagian dari reformasi masjid baik dari segi kebersihannya juga manajemen masjid.

Bersih-bersih masjid dilakukan di 33 Kabupaten/kota di 11 provinsi yang berlangsung sejak 21 April hingga 23 Mei 2017.

Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan DMI Andi Mappaganty mengatakan, masjid adalah pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisasi yang dilakukan umat Muslim sehari-hari.

Kegiatan akan semakin padat saat bulan Ramadhan dan jumlah jamaah yang beribadah di masjid juga meningkat. Karena itu diperlukan partisipasi masyarakat untuk menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman.

"Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung jamaah beribadah lebih khusyuk," katanya.

Dalam kegiatan itu, Unilever Indonesia Tbk juga berkontribusi kepada masyarakat berupa perlengkapan dan produk-produk kebersihan dengan harapan mampu menjadikan perlengkapan ibadah seperti mukena dan sajadah terjaga kebersihannya.