Jambi bantu warga butuh kaki-tangan palsu

id tangan palsu, kaki palsu, Arief, DinsosDukcapil, Zumi Zola, menjalankan aktivitas sehari hari

Jambi bantu warga butuh kaki-tangan palsu

Ilustrasi Seorang petugas mengukur tangan penyandang cacat untuk dibuatkan kaki palsu.(Antarasumsel.com)

Jambi (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (DinsosDukcapil) memiliki program dalam bantu warga yang membutuhkan kaki atau tangan palsu untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Gubernur Jambi Zumi Zola di Jambi, Minggu, mengatakan bahwa Pemprov Jambi akan membantu warga yang membutuhkan kaki dan tangan palsu serta kursi roda bagi yang membutuhkan.

Saat memberikan langsung bantuan berupa kaki palsu kepada dua orang korban kecelakaan, Zola mengatakan melalui DinsosDukcapil, Pemprov terus mencari informasi masyarakat yang membutuhkan bantuan kaki palsu, kursi roda dan tangan palsu dengan berkoordinasi bersama camat, lurah dan kepala desa di wilayahnya.

Gubernur berharap agar bantuan dari Pemprov tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk bisa menjalankan aktivitas sehari hari.

"Saya mengimbau kepada camat, lurah dan kepala desa, apabila ada anggota masyarakatnya membutuhkan bantuan kursi roda, kaki dan tangan palsu agar segera menyampaikan kepada Pemprov melalui Pemkab untuk segera dibagikan," katanya.

Sementara itu, Kepala DinsosDukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendata warga yang membutuhkan program pemberian bantuan tersebut.

"Kami telah mendata orang yang akan mendapatkan bantuan di 11 kabupaten/kota di Jambi dan telah dilakukan pengukuran untuk bantuan kaki palsu dan tangan palsu," kata Arief.

Arief menjelaskan, berdasarkan data ada sebanyak 46 orang yang membutuhkan kaki dan tangan palsu, dari 46 orang tersebut, sudah 36 orang diserahkan.

Sedangkan sisanya sebanyak 10 orang lagi belum diserahkan karena masih dalam proses penyembuhan luka dan proses pengukuran.

Arief menambahkan, proses pengukuran seperti kaki palsu sangat penting karena yang diukur itu untuk ukuran sepatu, tinggi rendahnya, pas dengan kaki serta kenyamanan yang memakai untuk melakukan aktivitas sehari hari.