Atraksi F16-Hawk meriahkan bulan dirgantara Lanud Pekanbaru

id pesawat tempur, F16, Hawk, Pangkalan Udara, Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Provinsi Riau

Atraksi F16-Hawk meriahkan bulan dirgantara Lanud Pekanbaru

Tiga pesawat tempur Angkatan Udara F 16 . (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Pekanbaru (Antarasumsel.com) - Atraksi "fly pass" enam pesawat tempur F16 dan Hawk 100/200 dari Skadron Udara 16 dan 12 mewarnai penyelenggaraan "open days" atau hari terbuka Bulan Dirgantara di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu.

Atraksi "fly pass" atau terbang melintas dengan rendah tersebut dilakukan selama lebih kurang 20 menit lamanya. Terbang rendah diawali dengan tiga Hawk 100/200 yang melintas dari berbagai penjuru.

Dalam atraksi itu, diilustrasikan Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru sedang diserang musuh.

Selanjutnya, ketiga pesawat tersebut melakukan pengintaian dengan terbang rendah sebelum akhirnya melakukan penyerangan. Atraksi terbang rendah itu turut menggunakan sejenis bahan peledak yang sebelumnya ditanam di sebuah lokasi jauh dari penonton.

Bahan peledak dengan daya ledak lemah itu  diibaratkan sebagai bom yang dibawa kedua pesawat tersebut untuk menyerang musuh. Sesaat pesawat tersebut melintas, bom tersebut lalu meledak dan menambah decak kagum ribuan pengunjung.

Setelah atraksi Hawk 100/200 selesai dilakukan dengan beragam manuver yang membuat pengunjung merinding, giliran tiga pesawat tempur F16 mengambilalih.

Pesawat asal Amerika Serikat tersebut melakukan manuver yang sama seperti Hawk 100/200. Hanya saja, efek suara yang ditimbulkan F16 lebih kencang sehingga menambah kekaguman pengunjung.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsekal Pertama Hendy Alfiandi mengatakan kegiatan Bulan Dirgantara sempena HUT TNI ke 71 itu terbuka untuk umum yang bertujuan menumbuhkan kecintaan terhadap dunia penerbangan.

Selain itu, Danlanud juga mengatakan kegiatan itu untuk mendekatkan diri antara TNI AU dengan masyarakat Pekanbaru dan Riau secara umum. "Kita ingin mendekatkan masyarakat Riau bahwa kita memiliki kekuatan strategis. Apa yang dimiliki dan kemampuan kita ke masyarakat," kata Danlanud.

Rangkaian kegiatan Bulan Dirgantara yang digelar Lanud Roesmin Nurjadi rutin digelar setiap tahun. Dalam kegiatan itu, penyelenggara turut menyuguhkan beragam acara seperti panggung hiburan, pameran pesawat F16 dan Hawk 100/200 serta sejumlah alat utama sistem persenjataan milik TNI AU.