Chelsea perbesar keunggulan di Puncak klasemen

id Chelsea, pemuncak klasemen, puncak lasemen, Manchester City, West Ham United, liga inggris, Diego Costa, Alexis Sanchez, Arsenal, Zlatan Ibrahimovic,

Chelsea perbesar keunggulan di Puncak klasemen

Pemain Chelsea (Antarasumsel.com/Reuters)

London (Antara/Reuters) - Chelsea memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Inggris dan mengatasi rasa cemas di Stamford Bridge dengan kemenangan 4-2 atas Southampton pada Selasa, yang membawa mereka unggul tujuh angka atas pesaing terdekat Tottenham Hotspur.

Gol-gol dari Eden Hazard, kapten Gary Cahill, dan dua gol lainnya dari Diego Costa memastikan Chelsea tetap berada di jalur untuk meraih gelar ganda setelah mereka mengalahkan Tottenham dengan skor yang sama pada semifinal Piala FA di Wembley pada Sabtu.

Kemenangan ini membawa Chelsea mengoleksi 78 angka setelah 33 pertandingan dan menambah tekanan terhadap tim peringkat kedua Spurs, yang harus memenangi "derby" London di markas Crystal Palace pada Rabu untuk merestorasi selisih menjadi empat angka.

"Kami memiliki ujian psikologis yang benar-benar penting dan jawaban kami bagus," kata manajer Antonio Conte. "Kami telah mencapai final Piala FA namun kompetisi lain benar-benar terbuka. Namun kami bertarung sampai akhir."
Conte kembali merombak timnya pada Selasa dengan memainkan Costa dan Hazard sejak awal, di mana keduanya tampil sebagai pemain pengganti di Wembley, dan taktiknya berbuah manis.

Hanya diperlukan waktu kurang dari menit untuk membuka keunggulan ketika Costa mengendalikan operan dari Cesc Fabregas, bergerak ke depan dan mengirimkan umpan tarik kepada Hazard, yang melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang Fraser Forster.

Southampton asuhan Claude Puel mencoba mengimbangi permainan lawan, menjaga penguasaan bola yang ketat di lini tengah dan membuat pergerakan Sofiane Boufal, Ryan Bertrand, dan Manolo Gabbiadini terlihat berbahaya.

Kerja keras mereka terbayar pada menit ke-24 ketika mantan gelandang Chelsea Oriel Romeu mengemas gol dari jarak dekat setelah tembakan Gabbiadini mengenai kaki kiper Thibaut Courtois dan jatuh ke laju pergerakannya.

Keunggulan Chelsea di Liga Inggris mendapat gangguan pada beberapa pekan terakhir oleh Tottenham, namun kemenangan pada Piala FA pada Sabtu jelas-jelas telah mendongkrak moral pasukan Conte.

Mereka kembali unggul sebelum turun minum ketika tendangan sudut Fabregas dapat disapu namun jatuh ke penguasaan N'Golo Kante yang berjarak 30 meter dari gawang. Gelandang asal Prancis ini kemudian mengirimkan umpan ke kotak penalti untuk ditanduk menjadi gol oleh kapten Gary Cahill.

Costa memaksimalkan peluangnya pada menit ke-53 dan menanduk bol setelah tendangan sudut dan permainan umpan satu-dua antara Fabregas dan Hazard. Ini merupakan gol ke-50 Costa di Liga Inggris.

Ia menambahi gol kedua pada menit ke-89 setelah memainkan umpan satu-dua dengan Hazard.

Southampton mencetak gol hiburan pada fase akhir pertandingan melalui mantan pemain Chelsea lainnya Ryan Bertrand.

Conte menghibur para penggemar dengan memasukkan kapten klub John Terry, yang pada pekan lalu telah mengumumkan akan meninggalkan Chelsea setelah lebih dari 18 tahun menjadi pemain senior di sana, untuk lima menit terakhir pertandingan.

Mantan pelatih Juventus dan timnas Italia ini jarang menggunakan mantan kapten Inggris Terry sejak tiba di Stamford Bridge pada Juli.

Conte, yang telah menjadi sosok favorit di klub, berupaya mengulangi kesuksesan pendahulunya di Chelsea sekaligus kompatriotnya Carlo Ancelotti, yang memenangi gelar ganda pada tahun pertamanya di klub London itu.(H-RF)