Pemprov Sumsel galakkan penebaran benih ikan

id benih ikan, Jakabaring Sport City, Alex Noerdin, secara optimal

Pemprov Sumsel galakkan penebaran benih ikan

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggalakkan penebaran benih ikan di sejumlah tempat di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya.

"Dalam rangka merehabilitasi lingkungan perairan umum, kegiatan penebaran benih atau `restocking` yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir akan terus digalakkan," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Rabu.

Beberapa waktu lalu kegiatan penebaran benih ikan dilakukan di danau tempat pertandingan olahraga ski air di kompleks olahraga "Jakabaring Sport City" serta beberapa daerah lainnya di Kota Palembang serta wilayah Sumsel lainnya.

Untuk menggalakkan kegiatan penebaran benih itu, pihaknya akan mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi setempat melakukan pendataan daerah mana saja yang perlu menjadi sasaran kegiatan tersebut.

Selain itu, perlu juga dilakukan pemilihan ikan apa saja yang cocok untuk ditebarkan pada suatu daerah sehingga bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Pihaknya berupaya memanfaatkan perairan umum secara optimal yang memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi.

Perairan umum di Sumsel itu cukup luas. Potensi daerah tersebut akan dimanfaatkan secara optimal untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta melestarikan sumber daya ikan langka.

Potensi tersebut, katanya, terutama perairan umum daratan, perlu didorong pemanfaatannya secara optimal.

Perairan umum daratan yang terabaikan, katanya, akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya, keanekaragaman jenis ikan, produksi ikan, kesempatan dan peluang kerja, pendapatan asli daerah, dan fungsi estetika.