Kemenpan-RB rancang "mall pelayanan publik"

id Asman Abnur, pelayanan publik, Bea Cukai, Kemenpan-Rb, kunjungan kerja

Kemenpan-RB rancang "mall pelayanan publik"

Asman Abnur (ANTARA /Didik Suhartono)

Gorontalo (Antarasumsel.com) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) sedang merancang "Mall Pelayanan Publik" untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat luas seperti yang diterapkan pihak perbankan.

Hal itu diungkap Menpan dan RB, Asman Abnur di sela-sela kunjungan di sejumlah pusat pelayanan publik yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo, Selasa.

Kunjungan diantaranya Kantor Kesatuan Pelaksanaan Pelayanan Pengamanan (KP3) Laut, Imigrasi dan Bea Cukai di Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

Menpan Asman mengatakan, perbaikan pelayanan publik perlu disiapkan dan dimodifikasi dengan sistem Informasi Teknologi (IT) seperti model yang diterapkan oleh sistem perbankan.

Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi melewati sistem pelayanan yang berbelit-belit akibat sistem birokrasi yang rumit.

Dia mendorong Pemkab Gorontalo Utara menerapkan model pelayanan prima berkualitas, sehingga bisa menjadi lokasi "studi tiru" di Provinsi Gorontalo terhadap sistem akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dalam menerapkan pelayanan publik termasuk yang sementara dirancang pihaknya untuk mewujudkan "Mall Pelayanan Publik".

Dalam tahun 2017 Pemkab Gorontalo Utara telah berhasil mendapat penilaian B terhadap Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP), diharapkan tahun 2018 nanti meningkat menjadi BB untuk menunjang model pelayanan publik yang bisa ditiru daerah lainnya di Provinsi Gorontalo maupun daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Kemenpan dan RB sendiri kata Asman, tahun ini melombakan 3.054 inovasi pelayanan publik dan sudah dipilih 100 besar untuk selanjutnya diambil 40 besar terbaik yang ditargetkan menjadi inovasi sebagai model nasional.

Dari 40 besar terbaik itupun akan diikutkan pada lomba pelayanan publik tingkat dunia yang akan digelar di Den Haag, Belanda.

"Kemajuan pelayanan publik di negara ini sangat penting dan semuanya akan terwujud dari para aparatur sipil negara terbaik yang ada di negara ini, sehingga penting dilakukan peningkatan kapasitas terhadap aparatur sipil negara sebagai motor penggerak perubahan di Indonesia," ujar Menpan Asman.