Hari Kartini Polwan tampil berkebaya layani masyarakat

id polwan, kartini polwan
Hari Kartini Polwan tampil berkebaya layani masyarakat
Hari Kartini Polwan tampil kenakan kebaya (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)
Baturaja (Antarasumsel.com) - Memperingati hari Kartini, polisi wanita Polres Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan tampil dengan mengenakan kebaya dalam melayani masyarakat.

Pada Hari Kartini seluruh polwan di Polres Ogan Komering Ulu (OKU) mengenakan kebaya, kata koordinator Polwan setempat, Iptu Lisa Lesmana di Baturaja, Jumat.

Dijelaskannya, para polwan di jajaran Polres setempat juga membagikan bunga kepada pengendara.

"Kegiatan ini sebagai bentuk tali asih kita terhadap pengendara yang sudah sadar peraturan lalulintas dan mau melengkapi kendaraannya dan menggunakan helm ketika berkendara," katanya.

Dengan dibantu polisi laki-laki dari satuan lalulintas Polres OKU, aksi pemberian bunga itu dilakukan di Jalan Dr M Hatta depan RSUD Ibnu Soetowo Baturaja.

Menurut mereka, aksi tersebut merupakan tali asih Polwan Polres OKU pada peringatan ke-138 hari Kartini yang diselenggarakan tiap-tiap tanggal 21 April.

Menurut Iptu Lisa yang juga Wakapolsek Baturaja Timur ini, tak hanya membagikan bunga, di Hari Kartini ini seluruh kantor pelayanan polisi seperti SIM, Samsat, penyidik di Satreskrim dan staf lainnya juga menggunakan baju kebaya.

"Ini bentuk emansipasi wanita yang tidak kalah dengan kaum laki-laki dalam berperan aktif sebagai abdi negara," kata Lisa.

Sementara Kapolres OKU AKBP, NK Widayana Sulandari mengungkapkan, dalam rangka Hari Kartini, pihaknya ingin menegaskan kembali tentang bagaimana peran serta dan emansipasi wanita masa kini sebagai penerus jejak Raden Ajeng Kartini.

"Wanita bisa memiliki peran dikehidupan sehari-hari. Kita tahu wanita-wanita tangguh Indonesia saat ini juga terus bermunculan, luar biasa dan khusus hari ini, seluruh Polwan Polres merupakan penerus Kartini yang akan datang," kata Kapolres.

Ia mengakui, jika dalam sehari-hari, polwan-polwan tersebut memiliki peran sama dengan kaum Adam, terbukti pekerjaan yang dilakukan para polwan saat ini sama dengan polisi laki-laki diantaranya melakukan patroli keliling ke kampung-kampung dan pasar-pasar untuk melakukan penyuluhan dan pengaturan serta penertiban.

"Kita ingin memberikan pesan bahwa peran wanita hari demi hari dirasakan semakin penting," katanya.

Kapolres berharap, para anggota Polri khususnya wanita agar dapat menjunjung martabat wanita, serta bisa menciptakan kader-kader Kartini yang hebat saat bertugas maupun ketika menjadi ibu di rumah.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga