Medco E&P kembali raih Sriwijaya CSR Award

id medco E&P, csr, sriwijaya award, alex noerdin, pertanian organik, gubernur sumsel

Medco E&P kembali raih Sriwijaya CSR Award

PT Medco E&P Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis)

....Terima kasih atas penghargaan ini. Kami berharap program-program CSR Medco E&P mampu memberikan nilai tambah bagi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat....
Palembang (Antarasumsel.com) -  PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) di Sumatera Selatan kembali mendapat pengakuan dari Pemerintah Provinsi setempat atas keberhasilan perusahaan migas ini dalam menerapkan program pengembangan pemberdayaan masyarakat.

Program-program pemberdayaan masyarakat Medco E&P dinilai cukup baik karena berbasis pertanian organik yang ramah lingkungan, memberdayakan perempuan, menambah pendapatan dan berkelanjutan sehingga menarik perhatian juri dari Sriwijaya Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan penghargaan "Sriwijaya CSR Award".

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada Manager Public Affairs & Security Indonesian West Area (IWA) Asset Sutami dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Provinsi yang digelar di Kota Palembang, Senin (17/4), disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.
    
Gubernur Alex Noerdin menyampaikan ucapan terima kasih pada perusahaan-perusahaan yang telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasinya. Program tersebut amat membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

"Oleh karena itu, Pemprov Sumsel akan terus mengajak dan mendorong perusahaan di Sumsel untuk dapat berperan lebih dan fokus pada kegiatan CSR, khususnya pemberdayaan masyarakat di kantong kemiskinan," kata dia.

"Sriwijaya CSR Award" adalah merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemprov Sumsel. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan BUMN dan swasta yang telah memberikan dukungan dan dan komitmennya dalam percepatan penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

Proses penilaian penghargaan inipun dilakukan oleh tim independen dari Universitas Sriwijaya, Badan Perencana dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel dan profesional dengan langsung menilai ke lapangan.

Dalam Award ini, Medco E&P yang diwakili Blok Rimau meraih peringkat kedua. Perusahaan berhasil mempertahankan prestasi ini yang juga diperoleh tahun lalu. Medco E&P mengajukan beberapa program unggulan, di antaranya program tanaman obat organik keluarga (TOGA) di Desa Tabuan Asri, Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat hingga Rp3 juta perbulan. Program ini juga dilaksanakan di Desa Bukit, Kabupaten Musi Banyuasin. Hasilnya, peningkatan pendapatan masyarakat hingga Rp2,7 juta per bulan. Produk herbal ini juga sudah mendapatkan izin dari Pangan Industri Rumah Tangga Dinas Kesehatan dan sertifikat halal.

Program lainnya, Koperasi Horta, koperasi simpan pinjam kelompok perempuan dan program padi SRI Organik.

"Terima kasih atas penghargaan ini. Kami harap, program-program CSR Medco E&P mampu memberikan nilai tambah bagi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami juga berharap, dampak dari program CSR ini masyarakat dapat lebih meningkatkan dukungannya pada kegiatan operasional perusahaan,” ujar General Manager IWA Medco E&P Arif Rinaldi.  (rel/I016)