Harga minyak terus turun di tengah kelebihan pasokan

id minyak dunia, harga, opec, meningkat secara substansial, memangkas produksi minyak, mentah, penguatan dolar AS, minyak dunia turun

Harga minyak terus turun di tengah kelebihan pasokan

Ilustras Harga minyak mentah . (ANTARA/Ridwan Triatmodjo)

New York (Antara/Xinhua) - Harga minyak dunia berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), tertekan kekhawatiran kelebihan pasokan, karena produksi minyak serpih (shale oil) AS pada Mei diperkirakan akan terus meningkat.

Produksi minyak mentah AS pada ladang-ladang serpih utama diperkirakan akan meningkat menjadi 5,2 juta barel per hari pada Mei, menurut sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Selasa (18/4).

Beberapa analis mengatakan bahwa produksi minyak yang lebih banyak bisa jadi berasal dari ladang-ladang serpih AS, karena perusahaan-perusahaan keuangan menginvestasikan miliaran dalam produksinya.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, turun 0,24 dolar AS menjadi menetap di 52,41 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni, turun 0,47 dolar AS menjadi ditutup pada 54,89 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.