Firman tembus putaran dua China Masters

id Firman Abdul Kholik, China Masters 2017, Ren Pengbo, turnamen bulu tangkis, Olympic Sports Center, Xincheng Gymnasium

Firman tembus putaran dua China Masters

Firman Abdul Kholik. (ANTARA /Dedhez Anggara/Ang)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Atlet tunggal putra Indonesia Firman Abdul Kholik berhasil menembus putaran dua turnamen bulu tangkis China Masters 2017.

Berdasarkan laman BWF yang dipantau di Jakarta, Selasa, dalam pertandingan hari pertama turnamen yang digelar di Olympic Sports Center, Xincheng Gymnasium, Changzhou, Jiangsu, China, Firman menyudahi perlawanan wakil tuan rumah Ren Pengbo 13-21, 21-13, 21-18 selama satu jam lima menit.

Gim pertama menjadi milik Ren yang secara dominan menjalani awal pertandingan itu. Walau wakil Indonesia memberikan perlawanan dengan beberapa kali memperkecil kedudukan setelah tertinggal cukup jauh, 3-4, 5-4, 5-6, pebulu tangkis China tidak terbendung dan memenangkan gim pembuka tersebut.

Baik pemain Indonesia maupun wakil China bermain ketat dan saling susul menyusul angka di awal gim kedua. Ketika posisi 4-4, Firman berhasil tancap gas dengan mengumpulkan dua poin beruntun.

Pemain Indonesia terus memimpin perolehan poin bahkan hingga selisih enam angka 13-7. Walau wakil tuan rumah kembali bisa memperkecil hingga defisit tiga angka, Firman berhasil terus melaju dan memaksakan dimainkannya gim penentu.

Berbekal kemenangan di gim kedua, pemain Indonesia berperingkat 81 dunia itu langsung melaju dengan mengumpulkan enam poin berturut-turut menjadikan kedudukan 6-0. Namun Ren perlahan-lahan mendekati perolehan poin Firman, bahkan menahannya di angka delapan dan memperkecil ketertinggalan dengan selisih satu poin 7-8.

Akan tetapi, tidak butuh waktu lama bagi pemain Indonesia untuk kembali tancap gas menjauhi poin Ren. Ketika kedudukan 17-10, wakil tuan rumah berhasil memperkecil ketertinggalan dengan mengumpulkan empat poin berturut-turut.

Meski kembali tertinggal 16-19, wakil China bisa kembali mendekati poin pemain Indonesia, bahkan bisa menjadikan selisih hanya satu angka. Namun nasib baik berpihak pada wakil Indonesia dengan mencapai angka 21 terlebih dahulu yang memastikan kemenangan baginya.

Kemenangan Firman di putaran pertama ini, membuat Indonesia hanya diwakili olehnya dalam nomor tunggal putra turnamen berlevel Grand Prix Gold tersebut, setelah wakil-wakil Merah Putih lainnya di nomor itu harus tersingkir lebih dulu.

Mereka adalah, Muhammad Bayu Pangisthu yang tumbang di tangan pemain tuan rumah Zhou Zeqi 17-21, 21-11, 19-21; Andre Marten yang menyerah pada pemain Taiwan Chen Chi Ting 19-21, 15-21; Panji Ahmad Maulana yang takluk oleh Sun Feixiang (China) 15-21, 16-21 dan Fikri Ihsandi Hadmadi kalah WO dari pemain Taiwan En Chia Chang serta Khrisna Adi Nugraha yang tumbang oleh pemain Taiwan Lin Chia Hsuan 18-21, 21-23.

Di putaran dua nanti, Lin Chia Hsuan (Taiwan) yang akan menjadi lawan dari Firman. Di atas kertas, Firman lebih unggul jika melihat dari segi peringkat, di mana pebulu tangkis Taiwan berada di urutan 199 dunia, sedangkan wakil Indonesia di ranking 81 dunia.

Indonesia masih memiliki pemain-pemain di nomor lainnya yang akan memainkan putaran pertama mereka pada Rabu (19/4), mereka adalah:
  Ganda Putra: Berry Angriawan/Hardianto, Kenas Adi Haryanto/Moh Reza Pahlevi Isfahani, Frengky Wijaya Putra/Sabar Karyaman Gutama, Ade Yusuf Santoso/Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira dan pasangan gado-gado Hendra Setiawan/Tan Boon Heong (Malaysia).

Ganda Putri: Rizki Amelia Pradipta/Tiara Rosalia Nuraidah, Anggia Shitta Awanda/Apriyani Rahayu.

Ganda Campuran: Hafiz Faizal/Shela Devi Aulia, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Hendra Tandjaya/Sekartaji Putri.