Minggu, 20 Agustus 2017

Megawati mengutip pesan Soekarno Peringati 62 tahun KAA

id megawati, presiden megawati
Megawati mengutip pesan Soekarno Peringati 62 tahun KAA
Megawati Soekarnoputri (FOTO ANTARA)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri mengutip pesan Soekarno "Hidup dan biarkan hidup. Bersatulah dalam keberagaman. Live and let live, Unity in Diversity" dalam peringatan 62 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

Acara yang digelar di Istana Negara Senin, tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, jajaran menteri Kabinet Kerja serta sejumlah utusan negara-negara peserta KAA.

KAA diselnggarakan 18 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat diikuti 29 negara untuk mendorong kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika, serta melawan kolonialisme.

"Never leave history', kata Bung Karno. Sudah saatnya kita berani bertindak bersama dan menjalankan bersama cahaya keputusan politik dari Pelita Dasasila Bandung yang dinyalakan para pemimpin pada waktu itu di abad 20," kata Megawati.

Ia menambahkan,"Kemerdekaan tidak cukup dirayakan tanpa tanggung jawab mengisi kemerdekaan tersebut, bukan lagi perang fisik yang harus kita tempuh, bukan watak bangsa merdeka jika tidak mampu melahirkan suatu manajemen konflik yang berkeadaban,".

"Bukan ciri manusia berjiwa merdeka jika menyelesaikan persoalan dengan intimidasi, teror, dan senjata. Kita harus harus tegas, berani bersikap, kita harus sekuat-kuatnya, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya berjuang mempertahankan keberagaman yang dianugerahkan Allah dengan tentu memilih cara dan jalan damai karena sejatinya hidup berdampingan dalam harmoni hanya dapat terwujud jika diperjuangkan bersama umat manusia. Sekali lagi saya sampaikan, keberagaman adalah hak kondrati bagi seluruh makhluk hidup," demikian Megawati.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga