Riau gelar UN susulan SMA 18-19 April

id un, ujian nasional, ujian susulan, Ujian Nasional Berbasis Komputer, Dinas Pendidikan, Kamsol

Riau gelar UN susulan SMA 18-19 April

Ilustrasi - Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc/)

Pekanbaru (Antarasumsel.com) - Dinas Pendidikan Provinsi Riau menetapkan Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan bagi siswa SMA sederajat akan dilangsungkan 18-19 April 2017.

"Kami minta semua siswa yang UN susulan agar mempersiapkan diri," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol di Pekanbaru, Minggu.

Kamsol mengemukakan UN susulan ini memberikan kesempatan bagi siswa yang tidak ikut ujian saat waktunya.

Dilakukan bagi siswa SMA sederajat yang berhalangan ikut saat pelaksanaan beberapa waktu lalu di Riau.

"Bisa karena sakit, kendala yang memang tidak bisa dielakkan, atau ada gangguan lainnya yang mengharuskan UN susulan," ucap Kamsol.

Seperti ia mencontohkan yang terjadi pada Kabupaten Inhil saat Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP).      Dimana ada 74 siswa MA Nurul Huda Kecamatan Batang Tuaka Inhil terpaksa mengikuti UN susulan.

"Kala itu tidak adanya soal UN di kotak . Jadi untuk persoalan ujian di MA tersebut terpaksa harus mengikuti susulan," katanya.

Selain persoalan tersebut, Disdik juga menerima laporan adanya server Komputer di Kabupaten Meranti, yang menjalani UN Berbasis Komputer (UNBK) rusak akibat tersambar petir.

"Kalau untuk di Meranti bisa diselesaikan pada hari itu juga, dalam waktu dua jam selesai server dan wifi nya yang tersambar petir, di perbaiki langsung oleh Telkom," ujar Kamsol lagi.

Walau demikian diakui Kamsol, secara keseluruhan pelaksanaan UN baik dengan UNBK dan UNKP di seluruh wilayah Riau, berjalan dengan lancar dan aman.

"Yang jelas kalau untuk UNBK yang bermasalah langsung diselesaikan, dan dari pihak Kementerian juga memperbolehkan UNBK yang bermasalah dilanjutkan. Sedangkan untuk UNKP yang tidak ada soalnya dilanjutkan ujian susulan yang sesuai jadwal," katanya menambahkan
Untuk UN susulan, Kamsol mengatakan, pihaknya telah mendata seluruh siswa yang berhalangan hadir saat UN.

Sebagaimana diketahui, UN di Riau sendiri, diikuti sebanyak 63.830 siswa SMA/MA se Kabupaten Kota. Untuk SMA diikuti 54.286 siswa, ujian dengan UNBK diikuti sebanyak 27.068, dan UNKP 27.218 siswa. Sedangkan untuk tingkat MA diikuti sebanyak 9.544 siswa jumlah UNKP 8.319 siswa dan UNBK 1.225 siswa.