Identifikasi ikan air tawar menjadi mudah

id ikan, ikan air tawar, GECIF, Generic Classification of The Indonesia's Freshwater fishes, identifikasi generik ikan

Identifikasi ikan air tawar menjadi mudah

Tambak ikan air tawar. (Antarasumsel.com)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Identifikasi ikan air tawar kini menjadi mudah berkat penemuan produk iktiologi  berupa GECIF (Generic Classification of The Indonesia's Freshwater fishes) atau identifikasi generik ikan air tawar Indonesia.

"Selama ini produk ini belum pernah ada karena pengerjaannya dirasa sangat rumit dan kompleks, terutama pada validitas nomenklatur spesies dan genus," kata Ketua Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Mochamad Heri Edy dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Penemuan itu dilakukan di Laboratorium Biologi dan Konservasi (Lab. Biovasi) STP, Jakarta Selatan, bertepatan dengan ulang tahun pertama lab tersebut.

Dia mengatakan bahwa karya produk seperti inilah yang diharapkan muncul secara berlanjut di pendidikan tinggi vokasional.

Pengerjaan produk ini dilakukan oleh taruna Program Studi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS), di bawah bimbingan grup dosen kesubrumpunan Biotekologi.

Hasil ulasan mereka menunjukkan, saat ini Indonesia memiliki ikan air tawar sebanyak 1.240 spesies valid, yang tergabung ke dalam 301 genera, 85 famili dan 21 ordo.

Menurut Kepala Laboratorium dan dosen TPS Heri Triyono, masyarakat sulit mengidentifikasi jenis spesies ikan air tawar  di Indonesia karena tidak adanya penuntun (guideline) yang mudah dipahami, minimal kita dapat mengetahui level genus atau famili.

Atas dasar ini, dosen dan taruna TPS berupaya untuk menghadirkan perangkat (tool) yang bermanfaat untuk pengidentifikasian.

Didi Hidayat, perwakilan taruna yang menyelesaikan program tersebut mengatakan, dia dan tim membutuhkan 10 hari nonstop, siang dan malam untuk menyelesaikan produk ini.

Ia menjelaskan, hal yang paling sulit adalah menentukan spesies/genus yang valid saat ini, mengingat beberapa spesies dan genus telah mengalami perubahan/akuisisi nama. Mereka menggunakan enam penelesuran online untuk memastikan validitas suatu nomenklatur genus.

Kadarusman, dosen, saintis senior dan salah satu taksonom Indonesia, mengarahkan para taruna untuk mengakses data dan menyusun produk iktiologi ini, meneraskan bahwa melalui produk ini, masyarakat dapat mengidentifikasi jenis (level genus) ikan air tawar yang di dapatkan, selain itu masyarakat dapat mengakses produk ini secara online.

Untuk mendapatkan produk ini, masyarakat umum dapat mengunduhnya secara cuma-cuma pada link berikut http://bit.ly/2o8oH0E.