Perusahaan diminta membangun kebun plasma masyarakat

id kelapa sawit, perusahaan perkebunan, Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda

Perusahaan diminta membangun kebun plasma masyarakat

Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit .(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah itu membangun kebun plasma di lokasi hak guna usaha lahan telantar untuk masyarakat setempat.

"Saya ingin cek HGU lahan telantar milik PT BBS. Kalau bisa yang belum ada tanaman kelapa sawit dibangun kebun plasma untuk masyarakat," kata Bupati Mukomuko, Choirul Huda, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan sekarang ini ada atau tidak perusahaan perkebunan di daerah itu yang ingin memberikan kontribusi berupa pembangunan kebun plasma.

Ia mengatakan tugas pemerintah daerah setempat memfasilitasi perusahaan agar membantu masyarakat.

Selain itu, katanya, pemerintah daerah setempat menjaga kedua belah pihak. Masyarakat harus terjaga, begitu juga perusahaan yang berinvestasi di daerah itu.

Ia menyatakan pembangunan kebun plasma sebagai upaya dan tanggung jawab sosial (CSR) erusahaan perkebunan kelapa sawit terhadap masyarakat yang berada di lokasi usahanya.

"Yang harus diperbanyak oleh perusahaan adalah CSR untuk masyarakat setempat," ujarnya.

Ia menerangkan, pembangunan kebun plasma itu tidak hanya di lokasi  HGU lahan terlantar milik PT BBS, termasuk HGU lahan telantar milik perusahaan perkebunan lain.