Senin, 24 Juli 2017

Pemkot Palembang benahi objek wisata

id Harobin Mustafa, objek wisata, Asian Games, tamu dari luar, atlet peserta Asian Games
Pemkot Palembang benahi objek wisata
Maskot Asian Games 2018 (Antarasumsel.com/Grafis/Ag)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya melakukan pembenahan objek wisata untuk mempersiapkan diri kedatangan ribuan tamu pada pelaksanaan Asian Games yang direncanakan Agustus 2018.

"Tamu yang hadir di kota ini tidak hanya atlet yang akan mengikuti pertandingan tetapi juga ada yang hanya ingin menonton dan sebagai pendamping, tamu-tamu yang tidak bertanding tentunya membutuhkan hiburan mengunjungi objek wisata dan tempat lainnya," kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Selasa.

Untuk memberikan kesempatan kepada tamu yang akan menikmati hiburan itu, perlu disiapkan tempat-tempat wisata yang menarik dan nyaman sehingga dapat memberi kesan positif yang diharapkan bisa menarik teman dan keluarganya berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini, katanya.

Menurut dia, untuk mempersiapkan tempat wisata yang menarik bagi tamu dan atlet peserta Asian Games, sejak beberapa tahun terakhir secara bertahap dilakukan pembenahan objek wisata.

Sejumlah objek wisata di kawasan Benteng Kuto Besak seperti pelataran yang menghadap Sungai Musi, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Monumen Perjuangan Rakyat, dan objek wisata lainnya diupayakan tampil menarik dengan melakukan berbagai perbaikan dan penambahan fasilitas pendukung.

Selain menyiapkan objek wisata yang menarik, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu Asian Games dan masyarakat yang berkunjung ke daerah ini, pihaknya membentuk unit khusus petugas keamanan di kawasan objek wisata.

Unit khusus pengamanan di lokasi objek wisata dibentuk dengan memberdayakan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Satpol PP pariwisata itu, ditugaskan di sejumlah objek wisata yang ada di kota ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung serta menegakkan peraturan daerah yang dapat mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, aman dan tertib, kata sekda.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin sebelumnya mengharapkan Pemerintah Kota Palembang melakukan penataan dan pengembangan objek wisata menghadapi pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Potensi pariwisata di Ibu kota provinsi ini tersedia cukup banyak baik wisata sungai, budaya, sejarah, maupun wisata kuliner yang jika ditata dan dikemas dengan baik bisa memiliki nilai jual yang tinggi serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegera , kata gubernur.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga