Pembeli pakaian khas Palembang dari luar kota

id pakaian khas palembang, pedagang pakaian Adenyn Colection, Alwi, bahan katun jumputan, kemudian viscose, sifon, sutra

Pembeli pakaian khas Palembang dari luar kota

Pembeli pakaian khas Palembang banyak dari luar kota (Antarasumsel.com/17/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Konsumen yang membeli pakaian khas Palembang kebanyakan berasal dari tamu-tamu yang datang dari luar kota, karena memanfaatkan kunjungan dinas maupun studi banding.

"Mereka yang membeli pakaian khas ini kebanyakan berasal dari luar kota," kata salah seorang pedagang pakaian Adenyn Colection, Alwi, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pakaian khas Palembang yang dijualnya itu bisa langsung pakai dari berbagai bahan seperti bahan katun jumputan, kemudian viscose, sifon dan sutra.

Pakaian yang dijualnya itu merupakan khas kerajinan Palembang dengan harga ditawarkan juga bervariasi tergantung dengan bahannya, katanya.

Ia mencontohkan, untuk baju khas Palembang wanita dijual dengan harga mulai Rp90 ribu per lembar, sementara untuk kain songket tergantung dengan kualitas kalau yang super bisa sampai Rp5 juta hingga Rp6 juta lebih per lembar, kemudian kualitas sedang Rp2 juta hingga Rp3 juta dan yang kodian Rp700 ribu hingga Rp800 ribu.

Ia mengaku, sudah lama berjualan pakaian dan kain khas Palembang tersebut, sedangkan untuk bahannya dari pengrajin di daerah Kertapati Palembang.

Begitu pula untuk menjahit pakaian tersebut pihaknya memberdayakan penjahit-penjahit dari daerah dan sumber daya manusia yang ada di Palembang, ujarnya.

Adapun motif dan bahan pakaian itu merupakan khas kerajinan tangan bukan mesin, sehingga produksinya juga terbatas.

Lebih lanjut ia menuturkan, kalau lagi ramai untuk omset kotor dalam sehari rata-rata diperoleh sebesar Rp1 juta sehingga dalam satu bulan bisa mengantongi sekitar Rp30 juta.

Ia berharap, banyak tamu yang datang ke Kota Palembang sehingga bisa berbelanja pakaian khas daerah itu lebih banyak lagi.***3***

(T.KR-SUS/B/M033/M033) 11-04-2017 15:55:47