Menag tinjau pelaksanaan UAN Madrasah

id Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama, Ujian Akhir Nasional, madrasah, Madrasah Aliyah Negeri 4

Menag tinjau pelaksanaan UAN Madrasah

Lukman Hakim Saefudin (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa meninjau pelaksanaan Ujian Akhir Nasional 2017 di dua madrasah di Jakarta, Selatan.

Dalam kunjungannya, Lukman meninjau Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Pondok Pinang dan Madrasah Aliyah Swasta Miftahul Umam Pondok Labu.

Pada Senin (10/4) atau hari pertama penyelenggaraan UN MA, Menag Lukman juga meninjau dua MA di wilayah Banjarmasin, yaitu MA Zamzam Djailani Kota Banjar Baru dan MA Pondok Pesantren Darul Hijrah Banjarmasin.

Menurut Lukman, UN merupakan instrumen untuk memetakan potensi siswa seiring fungsinya yang kini tidak menentukan kelulusan. Hasil UN juga bisa menjadi bahan pertimbangan para siswa untuk mengikuti jenjang lebih tinggi.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis Setiawan mengatakan UN MA tahun ini diikuti 423.801 peserta didik dari 7.260 madrasah dengan 759 negeri dan 6.501 swasta.

UN SMA/MA dan sederajat sendiri berlangsung pada 10-13 April 2017. Untuk UN tingkat MA dilaksanakan dalam dua jenis yaitu berbasis kertas pensil (UNKP) dan berbasis komputer (UNBK).

Saat ini, sebanyak 2.358 madrasah aliyah menjalani UNBK, terdiri dari 470 madrasah negeri dengan 94.963 siswa dan 1.888 madrasah swasta berikut 186.999 siswanya.