Kuanto, pegulat Sumsel berharap latihan di Korsel

id gulat, atlet gulat

Kuanto, pegulat Sumsel berharap latihan di Korsel

Pegulat Sumsel Kuanto (Antarasumsel.com/17/Dolly Rosana)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pegulat Sumatera Selatan peraih medali perak pada PON XIX di Jawa Barat, Kuanto berharap mendapat kesempatan berlatih ke Korea Selatan untuk persiapan PON Papua 2020.

"Jika saya diberikan kesempatan latihan di Korea Selatan (Korsel), saya menargetkan akan memberikan medali emas buat Sumsel," kata Kuanto (28) yang dijumpai di Dispora Sumsel, Palembang, Senin.

Menurutnya, keinginannya ini cukup beralasan karena telah membaca peta kekuatan di nomor 98 kg grego.

Kuanto dan tiga atlet peringkat nasional lainnya, saat ini selalu bertukar posisi untuk setiap ajang nasional.

Namun, pada final PON Jabar lalu, ia dikalahkan atlet tuan rumah yang menjalani latihan di Korsel selama satu tahun tidak masuk dalam peringkat nasional.

"Padahal atlet Jabar ini dibawah saya untuk peringkat nasionalnya. Tapi karena latihan di luar negeri, membuatnya lebih percaya diri dan dapat mengendalikan pertandingan karena banyak jam terbang," kata dia.

Sementara keadaan berbeda terjadi pada dirinya, yang sama sekali tidak mengenyam latihan di luar negeri dan hanya sebatas mendapatkan kesempatan try out di dalam negeri.

"Saya berharap KONI Sumsel dapat jeli melihat peta kekuatan saat ini, siapa saja atlet yang berpeluang emas. Jika memang berpeluang, ya apa salahnya dikirim latihan ke luar negeri," kata dia.

Kuanto bergabung menjadi atlet Sumsel sejak 2010 setelah sebelumnya mengenal gulat di Bengkulu.

Pada perhelatan PON di Riau tahun 2012, ia meraih medali perunggu. Kemudian pada empat tahun berikutnya di ajang serupa ia menggondol perak.

Ia berniat mengakhiri karir sebagai pegulat pada PON Papua mendatang dan berharap dapat mencapai puncak prestasi di usia 32 tahun.