Dinas Sosial akan bangun rumah singgah

id rumah singgah, anak jalanan, Dinas Sosial, pengemis, panti, Saiful

Baturaja (Antarasumsel.com) - Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, segera membangun rumah singgah bagi anak jalanan maupun pengemis sebelum akhirnya dikirim ke panti di Palembang.

"Kita segera membangun rumah singgah, karena sudah ada kerja sama dengan pihak Muhammadiyah setempat yang bersedia membantu," kata Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU), Saiful di Baturaja, Minggu.

Menurut dia, nantinya setelah ada rumah singgah, setiap anak jalanan, pengemis, orang gila terjaring razia akan ditampung terlebih dahulu di rumah singgah guna mendata dan memanggil pihak keluarga yang bersangkutan.

Selanjutnya, akan dicarikan solusi, jika pihak keluarga mengizinkan maka pihaknya akan mendidik dengan mengirim ke panti asuhan.

Begitu juga jika ada yang putus sekolah maka pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyekolahkannya kembali.

"Pengalaman selama ini keluarga jadi masalah utama penyebab banyaknya anak jalanan sehingga diharapkan peran masyarakat untuk mengatasi ini," kata Saiful.