Banka tengah terapkan aplikasi SIM

id bangka, Sistem Informasi Manajemen, penggunaan dana BOS, Bantuan Operasional Sekolah, laporan penggunaan dana

Banka tengah terapkan aplikasi SIM

Pemprov Babel .( ANTARA)

Koba (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk memudahkan pembuatan laporan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Aplikasi ini dibuat tim dari Bangka Tengah untuk memudahkan membuat laporan penggunaan dana BOS. Aplikasi SIM ini baru ada di Bangka Tengah, di kabupaten lain belum ada," kata Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, aplikasi SIM ini sebenarnya sudah dibentuk dan bisa diakses sejak 2016, namun pada 2017 lebih disempurnakan lagi.

"SIM ini sangat membantu, terutama bagi pihak sekolah dalam membuat pelaporan keuangan yang bersumber dari dana BOS," ujarnya.

Ia menjelaskan, aplikasi ini dibuat untuk mempermudah para kepala sekolah dalam menyusun dan membuat pelaporan keuangan.

"SIM ini sebenarnya bukan hanya untuk dana BOS saja tetapi juga bisa diaplikasikan untuk penggunaan dana lainnya. Aplikasi serupa yaitu aplikasi SEPAKAT atau Sistem Pengendalian Keuangan Bangka Tengah dalam penyusunan pelaporan keuangannya," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak adanya aplikasi ini pelaporan penggunaan keuangan di sekolah lebih tepat waktu dan bahkan jauh lebih cepat.

"Aplikasi ini bisa dibuka pihak sekolah dan DPPKAD, namun admin hanya dipegang pihak tertentu sementara yang lain hanya bisa memantau saja," ujarnya.