Film pendek mahasiswa UMM juarai Videografi nasional

id film, Film pendek, karya, mahasiswa, Fakultas Agama Islam, Videografi Nasional Ekonomi

Film pendek mahasiswa UMM juarai Videografi nasional

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Malang (Antarasumsel.com) - Film pendek karya mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyabet gelar juara Videografi Nasional Ekonomi dalam Shariah Economic Week (SEW) yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Menurut salah seorang anggota tim Amilia Aprilia di Malang, Jawa Timur, Sabtu, film yang menyabet juara 1 itu berjudul "Masih Ada Jalan". Film tersebut dikerjakan tiga orang mahasiswa, selain Amilia Aprilia, juga ada nama Fatiqe Ridho dan Hilva Kurnia.

"Film yang kami buat dan meraih gelar juara ini bercerita tentang seorang ayah yang ingin mewujudkan impian anaknya untuk menjadi dokter. Melalui film tersebut, kami mencoba menyampaikan pesan tentang praktik keuangan syariah yang sejatinya dapat menguntungkan masyarakat, termasuk masyarakat kurang mampu," urainya.

Selain itu, lanjutnya, asuransi syariah juga mempermudah masyarakat karena kedua belah pihak saling diuntungkan.

Menurut Aprilia, penyampaian pesan melalui video dapat menjadi salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat tentang transaksi ekonomi syariah. Fenomena yang terjadi saat ini, tidak semua masyarakat mengetahui apa itu ekonomi syariah dan praktiknya.

Sebagian besar, lanjutnya, orang masih menganggap syariah hanya embel-embel saja, padahal jika didalami, sistemnya juga beda dengan bank atau badan asuransi konvensional.

"Kami berharap masyarakat secara perlahan akan terbiasa dengan istilah asuransi syariah, sehingga mereka dapat terbantu secara finansial. Oleh karena itu, film yang berdurasi empat menit 57 detik itu menekankan akan keberadaan asuransi syariah yang mampu membantu masyarakat secara finansial," katanya.

Saat ini, kata April, pemenuhan kebutuhan pendidikan menjadi yang paling urgent dan keberadaan asuransi syariah menjadi salah satu cara untuk membantu orang yang tidak mampu, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pendidikan bagi keluarganya.

Selain menyabet juara 1, film pendek garapan FAI UMM lainnya yang berjudul "Sukses" juga meraih gelar juara 2. Tim yang menggarap film Sukses tersebut, adalah Jualini Pradipta, Daniel Firman, dan Dwi Kurniawati.

Film berjudul Sukses menyampaikan pesan bahwa tidak hanya muslim saja yang bisa menabung di bank syariah, nonmuslim pun dapat memanfaatkan keunggulan bank syariah. "Dalam film tersebut diceriterakan bahwa semua orang bisa berkembang dengan sistem keuangan syariah tanpa melihat ras, suku maupun agama," kata Juliani.