Pertamina pecahkan Rekor Muri selang pemadam terpanjang

id muri, rekor muri

Pertamina pecahkan Rekor Muri selang pemadam terpanjang

Pertamina pemecah rekor Muri slang pemadam terpanjang (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - PT Pertamina Refinery Unit III Plaju, Sumatera Selatan, memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan menggelar selang pemadam (fire hose) terpanjang sepanjang lima kilometer dalam simulasi pemadaman kebakaran di unit tersebut.

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Bulan K3 di Refinery Unit III, kata General Manager RU III Eman Salman Arief di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan ini melibatkan 150 pekerja serta mitra kerja RU III yang tergabung dalam tim Pemadam Kebakaran (Fire Brigade) RU III.

Sementara mengenai berapa jumlah petugas pemadaman kebakaran di Pertamina, ia menjelaskan seluruh pegawai Pertamina bisa melakukan pemadaman. "Semua pekerja Pertamina dari berbagai bagian untuk fire man hanya bertugas di kilang," katanya.

Jika berada dalam keadaan darurat, katanya seluruh pekerja Pertamina bisa dikerahkan karena mereka sudah dilatih cara menggelar selang dan memadamkan api.

Piagam penghargaan dari MURI itu diterima oleh General Manager RU III Eman Salman Arief.

Sementara Area Manager Communication and Relations Sumbagsel M Roby Hervindo menjelaskan pencatatan rekor MURI ini juga menjadi bukti komitmen perusahaan terhadap upaya penerapan budaya K3 di Pertamina, khususnya kesiapan Pertamina RU III dalam menghadapi bahaya kebakaran baik di dalam lingkungan RU III maupun di wilayah masyarakat sekitar.

"Kemampuan dan kesiapan tim fire brigade serta ketersediaan selang pemadam terpanjang di RU III ini juga ditujukan untuk membantu tim pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran di wilayah sekitar operasi Pertamina atapun di wilayah lain, terlebih jika kebakaran terjadi di wilayah dengan akses jalan yang sempit dan padat penduduk sehingga membutuhkan selang pemadam yang panjang untuk memadamkan api," ujarnya.

Ia menyatakan peringatan Bulan K3 nasional merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Pertamina sebagai bentuk kegiatan sosialisasi untuk menyegarkan penerapan budaya K3 khususnya dalam kegiatan operasional perusahaan.

"Kami telah menerapkan berbagai program guna memastikan implementasi K3 berjalan dengan baik, di antaranya observasi alat pelindung diri, surat izin kerja aman, stop walk and talk (SWAT), safety passport, joint safety inspection, sweeping kepatuhan peraturan keselamatan kilang dan program satu jam bersama HSE untuk seluruh unit kerja," tuturnya.

Ia menyampaikan saat ini komitmen dan penerapan budaya K3 di Pertamina RU III berhasil membukukan 63.779.061 jam kerja aman (nihil kecelakaan) hingga Maret 2017 sehingga mendapat apresiasi berupa penghargaan keselamatan migas Patra Nirbhaya Karya Utama Adinugraha II dari Kementerian ESDM, serta penghargaan proper hijau yang ketiga kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pertamina akan terus berkomitmen untuk menerapkan dan mengutamakan budaya K3 di perusahaan.

"Sejalan dengan tema bulan K3 di Pertamina tahun ini yakni "zero fatality, kita bisa!", kami akan terus berupaya maksimal dalam mencapai dan mempertahankan jam kerja aman dan tanpa insiden (zero fatality) di Pertamina khususnya di RU III Plaju," katanya.

Sementara Senior Manager MURI, Awan Rahargo menjelaskan, selang pemadam terpanjang sepanjang 5,152 kilometer dengan 228 unit selang.

Kalau untuk di Indonesia ini paling panjang selang pemadamnya, sedangkan sebelumnya di negara Italia selangnya sepanjang 63 kilometer pada penanganan kebakaran 2014.

Jadi, kalau untuk di Indonesia ini merupakan rekor pertama, ujarnya. Simulasi hari ini melibatkan 150 personel dari multi displin sebuah klaborasi tim work dalam upaya penyegaran dan bentuk kesiapsiagaan di lingkungan perusahaan dan masyarakat.

Selain mencatatkan rekor MURI, dalam rangka memperingati Bulan K3, Pertamina RU III Plaju juga mengadakan kegiatan lomba cerdas cermat HSE, lomba memasak makanan sehat, dan pemberian HSE awards bagi para pekerja dan mitra kerja dengan penerapan aspek K3 atau HSE terbaik di RU III Plaju.