Ratusan klub daftar kirab sepeda Asian Games

id masyarakat sepeda indonesia, msi, kirab sepeda, sepeda,

Ratusan klub daftar kirab sepeda Asian Games

Ketua Masyarakat Sepeda Indonesia Ahmad Hartawan. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)

...Dukungan penggemar olahraga sepeda menyemarakkan kirab Asian Games 2018 sangat luar biasa terbukti jumlah peserta yang mendaftar melampaui dari target yang ditetapkan dan tidak hanya dari Kota Palembang saja...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekitar 200 klub atau komunitas penggemar olahraga sepeda di Kota Palembang dan beberapa daerah Sumatera Selatan lainnya mendaftar sebagai peserta kirab bendera Asian Games yang diselenggarakan Masyarakat Sepeda Indonesia, Minggu (9/4).

"Berdasarkan data dari patugas pendaftaran peserta kirab yang dibuka di sejumlah lokasi seperti Makorem 044 Garuda Dempo, toko sepeda dan sejumlah pusat keramaian di Palembang sudah ada 200 klub dengan 1.050 anggota yang siap menyemarakkan kirab," kata Ketua Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI) Ahmad Hartawan, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, dukungan penggemar olahraga sepeda menyemarakkan kirab Asian Games 2018 sangat luar biasa terbukti jumlah peserta yang mendaftar melampaui dari target yang ditetapkan dan tidak hanya dari Kota Palembang saja.

Target peserta kirab 1.000 orang, jika tidak dilakukan pembatasan pesertanya bisa lebih banyak lagi karena masyarakat yang tergabung dalam klub/komunitas sepeda di daerah ini antusias mendukung kegiatan perdana organisasi wadah berhimpunnya komunitas gowes itu, katanya.

Dia menjelaskan, dalam kirab tersebut, selain membawa bendera 44 negara peserta Asian Games 2018, juga akan dibawa bendera yang berisi tulisan imbauan kepada masyarakat tidak menggunakan narkoba, waspadai kebakaran hutan dan lahan, serta kurangi polusi udara dengan bersepeda.

Kirab sepeda Asian Games yang diawali (start) dari halaman Monumen Perjuangan Rakyat Palembang dan berakhir (finish) di halaman Griya Agung, rencananya diiikuti Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda, Komandan Korem 044 Garuda Dempo Kol Inf Kunto Arief Wibowo serta sejumlah pejabat lainnya dan tokoh masyarakat.

Melalui kirab sepeda itu, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk lebih gemar berolahraga terutama sepeda dan berpartisipasi menyukseskan ajang olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Selain itu, sesuai dengan tujuan pembentukan MSI yakni sebagai wadah silaturahmi, komunikasi dan aspirasi antarkomunitas penggemar sepeda, dapat menyalurkan keinginan penggemar sepeda memiliki jalur sepeda khusus di jalan protokol dan tempat parkir yang aman di perkantoran, pusat perbelanjaan, serta fasilitas umum lainnya, kata Hartawan.