Disbun Muba serahkan bantuan 150.000 batang bibit karet

id karet, bibit karet, disbun muba, pj bupati, yusnin

Disbun Muba serahkan bantuan 150.000 batang bibit karet

Pj Bupati Muba H Yusnin secara simbolis serahkan bantuan bubit karet kepada kelompok tani (Antarasumsel.com/Edi/17)

....Program kerja yang menyentuh langung seperti ini yang amat dibutuhkan masyarakat....
Sekayu, Muba  (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan melalui Dinas Perkebunan setempat menyerahkan bantuan 150.000 batang bibit karet unggul kepada Kelompok Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB), serta kelompok tani yang terkena musibah banjir dan kebakaran bertempat di kebun pembibitan karet KM 11 Kecamatan Sekayu, Selasa (4/4).

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pencanangan Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT), penyerahan dua unit mesin 'crape' kepada UPPB Kecamatan Keluang dan Sungai Lilin serta sosialisasi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar Kecamatan Plakat Tinggi dan Lawang Wetan.

Kepala Dinas Perkebunan Iskandar Syahrianto dalam laporannya menyebutkan Pasar Lelang/UPPB di Musi Banyuasin (Muba) telah terbentuk sebanyak 25 kelompok UPPB dengan keanggotaan mencapai 10 ribu orang.

"Penyerahkan bantuan bibit karet unggul polybag produksi Dinas Perkebunan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan mutu produksi karet petani dan memperbaiki tata kelola penjualan karet ditengah masyarakat yang diganti dengan UPPB/Pasar lelang", katanya.

Dia juga mengharapkan dukungan Bupati Muba untuk menjadikan kebun pembibitan karet produksi Dinas Perkebunan sebagai sentra pengembangan komoditas karet, pelatihan, pendidikan dan kelembagaan petani karet

Pj Bupati Muba H Yusnin mengatakan tingkat perekonomian sebagian masyarakat Muba bergantung pada pertanian dan perkebunan. Penyerahan bantuan secara gratis yang dilaksanakan ini bagian tanggung jawab pemerintah untuk meningkatkan kualitas karet dan sumber pendapatan masyarakat yang diharapkan pula dapat meningkat dari sebelumnya.

"Program kerja yang menyentuh langung seperti ini  yang amat dibutuhkan masyarakat. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh 25 kelompok UPPB sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat". terangnya.

Yusnin menambahkan, ke depannya program pembentukan UPPB dapat merata di 14 kecamatan karna karet ini tersebar se-Muba. (Edy*I016)