Sekolah siapkan genset antisipasi kelistrikan selama UNBK

id unbk, ujian nasional, SMKN 1 Painan,sekolah, genset, persiapan listrik

Sekolah siapkan genset antisipasi kelistrikan selama UNBK

Ilustrasi Siswa lagi UNBK. (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Painan, Sumbar (Antarasumsel.com) - SMKN 1 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan satu unit generator set atau genset selama berlangsungnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari 3 hingga 6 April 2017.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 1 Painan, Nelmawati di Painan, Selasa, mengatakan satu unit genset tersebut disiapkan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan kelistrikan selama berlangsungnya ujian.

Genset tersebut kata dia, didapatkan berkat kerja sama antara pihak sekolah dan PT PLN rayon setempat.

"Walaupun PT PLN berkomitmen untuk menjaga listrik tetap tersambung namun mengantisipasi berbagai kemungkinan genset tetap disiapkan," kata Nelmawati.

Ia menyebutkan, di sekolah itu terdapat 314 pelajar yang mengikuti UNBK dan dibagi menjadi tiga shift dengan komputer yang tersedia sebanyak 107 unit.

"Mereka dikelompokkan pada lima ruangan yang masing-masing ruangan disediakan 20 unit komputer sementara tujuh unit sisanya disiagakan jika kemungkinan ada komputer yang bermasalah," katanya lagi.

Ia melanjutkan, dari hari pertama pelaksanaan UNBK hingga saat ini tidak terdapat kendala dalam pelaksanaan baik mengenai kelistrikan, pelajar yang mengikuti hingga jaringan internet.

Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman, mengatakan akan berupaya maksimal memastikan tidak terjadi gangguan kelistrikan selama pelaksanaan UNBK.

"Kami akan berupaya maksimal sehingga sambungan listrik tetap terjaga," kata dia.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Nuzirwan, menyebutkan SMKN 1 Painan merupakan satu-satunya SMK yang melaksanakan UNBK di daerah itu, sementara yang lainnya masih berbasis Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).