Mendikbud resmikan sekolah keberbakatan olahraga

id sekolah olahraga, muhadjir Effendy, M Effendy, Mendikbud, Sekolah Keberbakatan Olahraga, atlet berprestasi

Mendikbud resmikan sekolah keberbakatan olahraga

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Kendari (Antarasumsel.com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meresmikan Sekolah Keberbakatan Olahraga (KSO) Sulawesi Utara di Kendari yang baru berjalan kurang dari dua tahun.

"Saya berharap dengan pembangunan SKO Sulawesi Tenggara ini yang merupakan share dana APBN dan APBD akan bisa memacu peningkatan  prestasi Sulawesi Tenggara di bidang olahraga," kata Muhadjir saat meresmikan KSO Sulawesi Tenggara di Kendari, Sabtu.

Muhadjir menyampaikan kepada Gubernur dan rakyat Sulawesi Utara agar bangga dengan SKO yang dimiliki karena hingga saat ini baru 14 Sekolah Keberbakatan Olahraga yang dibangun dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

"Saya harap manfaatkan, optimalkan, pelihara, rawat, dan gunakan untuk ukir prestasi," kata dia.

Dia juga berpesan kepada pemerintah daerah dan pengelola SKO agar meningkatkan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk meningkatkan kualitas.

Pembangunan SKO Sultra yang dibangun oleh Kemendikbud diharapkan bisa digunakan sebaik-baiknya untuk ke depannya dalam mencetak atlet-atlet berprestasi.

Mendikbud menyebut Sultra berfokus pada cabang olahraga dayung yang diharapkan bisa memberikan sumbangsih di level internasional.

"Yang jadi priorita unggulan Sultra adalah dayung. Kalau itu pilihannya, harus betul-betul fokus. Kalau ada event internasional dayung Indonesia tidak akan repot karena sudah ada SDM yang sia, ada setengah jaminan bisa menjadi juara tingkat internasional," kata dia.

SKO Sultra baru memiliki dua angkatan dengan cabang olahraga di antaranya dayung, pencak silat, sepak takraw, dan atletik.

Pada kesempatan itu Mendikbud juga sekaligus meresmikan Taman Budaya Provinsi Sulawesi Tenggara.