Sekolah jangan paksakan melaksanakan UNBK

id Dinas Pendidikan, Widodo, Ujian Nasional, UNBK, Berbasis Komputer, guru honor, verifikasi, gaji honor

Sekolah jangan paksakan melaksanakan UNBK

Widodo (Antarasumsel.com/Susi/Ang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo minta supaya sekolah tidak memaksakan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer bila belum siap.

Jangan paksakan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer apalagi bila meminta dana kepada orang tua murid, kata Widodo di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal ini karena Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi sekolah yang sudah siap sarana dan prasarana pendukung.

Ujian Nasional Berbasis Komputer tersebut antara lain sarana yang perlu disiapkan seperti perangkat komputer dan jaringan internet, ujar dia.

Dia mengatakan, bila sekolah belum memenuhi persyaratan maka ujian dapat dilaksanakan seperti biasa atau secara manual.

Apalagi bila sekolah di pedesaan jaringan internet dan komputer biasanya belum tersedia sehingga jangan dipaksakan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer tersebut, kata dia.

Hal ini karena ujian berdasarkan nilai bukan perangkat pendukung yang tersedia atau sekedar gengsi-gengsian, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya minta kepada sekolah yang ada di provinsi tersebut untuk melaksanakan ujian secara baik bukan karena perangkat pendukung seperti komputer.

"Ujian sekolah dinilai hasilnya buka perangkat pendukungnya," katanya.

Sebagaimana seluruh SMA dan SMK di Indonesia akan melaksanakan ujian nasional yang dilaksanakan pada awal April 2017 dan salah satunya berbasis komputer.