Rumah Jamur Pertamina beromset Rp12 juta perbulan

id jamur rumahjamur

Rumah Jamur Pertamina beromset Rp12 juta perbulan

Rumah jamur binaan Pertamina (Antarasumsel.com/Dok PT Pertmina MOR II/17)

Palembang, (Antarasumsel.com) - Rumah jamur binaan Pertamina yang dikelola masyarakat Kampung Pedado, Palembang menghasilkan omset rata-rata sebesar Rp12 juta perbulan.

Ada 20 kelompok dari masyarakat Kampung Pedado yang aktif mengusahakan budidaya jamur di Rumah Jamur Pertamina, kata Area Manager CSR and SMEPP Pertamina Sumbagsel, Susarwanto di Palembang, Rabu.

Menurut dia, Pertamina mengembangkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di Kampung Pedado ini selain pendidikan juga berupaya membangun kemandirian masyarakat lewat usaha Rumah Jamur Mac-Mur.

Rumah Jamur Mac-Mur yang dikelola masyarakat Kampung Pedado kini menghasilkan rata-rata 20 kilogram jamur organik segar setiap hari, dengan omset rata-rata Rp12 juta per bulan.

Ia mengatakan, saat ini, jamur yang dihasilkan dijual ke pasar lokal maupun melalui pemasaran daring. Permintaan dari pasar ritel modern sudah ada, namun kapasitas produksi saat ini masih belum mampu memenuhi permintaan tersebut.

"Potensi pengembangan ekonomi dari budidaya jamur ini masih besar, dalam bentuk hasil olahan jamur menjadi produk makanan seperti nugget, bakso bahkan brownies," ujarnya.

Ke depan, selain Rumah Baca Ceria dan Rumah Jamur, CSR SMEPP Pertamina berencana mengembangkan Kampung Pedado sebagai salah satu dari Desa Binaan Pertamina.

Rumah Baca Ceria Pertamina itu sebagai pusat pendidikan Paud dan TK serta perpustakaan dibangun tiga tahun lalu.

Selain mendidik anak-anak, Rumah Baca Ceria Pertamina juga memberdayakan orang tua murid dengan mengajarkan kerajinan membuat keset, katanya.