Wagub Ajak masyarakat Sumsel jaga hutan agar lestari

id Wakil Gubernur, Sumatera Selatan, Ishak Mekki, harmonis, menjaga hutan, tidak terjadi bencana alam, Rudiyanto H Susanto

Wagub Ajak masyarakat Sumsel  jaga hutan agar lestari

Ishak Mekki (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki minta kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk menjaga hutan agar tetap lestari.

Hutan sebagai sumber kehidupan sehingga kelestariannya harus selalu dijaga, kata Wagub saat melantik Kelompok Kerja Tim Percepatan Perhutanan Sosial di Palembang, Rabu.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu hutan sebagai penyangga kehidupan masyarakat karena di dalamnya juga terdapat flora dan fauna.

Namun, lanjut dia, kesemuanya itu bila hutan tidak dilestarikan maka akan mengganggu kehidupan masyarakat dimasa mendatang.

Apalagi Sumsel kaya akan hutan sehingga keberadaannya harus dilestarikan, ujar dia.

Sehubungan itu dengan adanya kehadiran organisasi Kelompok Kerja Tim Percepatan Perhutanan Sosial ini diharapkan pembinaan dan pelestarian hutan semakin maksimal, kata dia.

Hal ini karena organisasi itu bertugas antara lain untuk membina masyarakat dalam melestarikan hutan supaya keberadaanya selalu terjaga, ujar dia.

Mari bersama - sama menjaga hutan supaya kehidupan ekonomi masyarakat semakin baik, kata Wagub.

Sementara Ketua Kelompok Kerja Tim Percepatan Pehutanan Sosial Rudiyanto H Susanto mengatakan, pihaknya terlebih dahulu akan membentuk program kerja supaya pelestarian hutan semakin maksimal.

Apalagi, lanjut dia, ada beberapa jenis hutan di Sumsel diantaranya hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, serta hutan adat.

Kesemuannya itu perlu dikelola secara baik sehingga bermanfaat terutama di bidang ekonomi, kata dia.