Sail Sabang 2017 targetkan 100-an Yacht

id Sail Sabang, Zulkifli Adam, perahu pesiar, ujung barat Indonesia, BPKS, mempromosikan pariwisata, mempromosikan industri pariwisata, Fauzi Husin

Sail Sabang 2017 targetkan 100-an Yacht

Sail Sabang (Ist/Prodaya)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Wali Kota Sabang Zulkifli Adam menargetkan perhelatan Sail Sabang 2017 akan dapat mendatangkan 100-an yacht atau perahu pesiar ke kawasan di ujung barat Indonesia itu.

"Tahun kemarin jumlah yacht yang sandar sekitar 30-an. Kami harap dengan kegiatan ini jumlahnya bisa menembus 100-an yacht," katanya dalam jumpa pers rapat koordinasi kegiatan Sail Sabang 2017 di Jakarta, Rabu.

Zulkifli menjelaskan ajang pelayaran internasional itu akan menyasar "yachter" (pelayar) dari Singapura, Eropa, Australia serta Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand).

Ia juga mempromosikan Sabang sebagai salah satu tujuan wisata unggulan karena merupakan kawasan yang aman dan nyaman.

"Sabang juga punya kegiatan pariwisata yang lengkap," ujarnya.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, dalam kesempatan yang sama mengatakan kegiatan pelayaran merupakan salah satu upaya pengembangan Sabang sebagai tujuan wisata bahari.

Menurut dia, pemerintah telah memiliki rencana jangka menengah untuk terus mengembangkan Sabang hingga 2019.

"Semoga dengan kegiatan ini Sabang bisa jadi pusat perhatian agar orang tertarik datang. Bukan hanya Sabang yang terekspos, tapi Banda Aceh juga," katanya.

Ajang pelayaran yang berlangsung 28 November-5 Desember 2017 itu diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan mencapai 30.000 orang pada 2019.

"Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang saat ini sekitar 12.000-an orang yang terdiri atas kunjungan wisata bahari, seperti yacht dan wisata pantai. Target hingga 2019 wisatawan mancanegara mencapai 3 kali lipatnya atau 30.000-an. Makanya kami tata, termasuk aksesibilitas dan sumber daya manusia untuk pemandu wisata dan selam," katanya.

Dadang mengatakan Kementerian Pariwisata sebagai ketua panitia penyelenggara Sail Sabang 2017 bertanggung jawab atas penyelenggaraan "International Yacht Rally", penyediaan fasilitas umum dan promosi.

"Dengan telah disepakatinya logo dan tema dalam rakor kali ini, kami akan mempromosikan Sail Sabang," ujarnya.

Hingga Juli 2016, Kemenpar mencatat kapal yacht yang masuk ke Sabang sebanyak 37 kapal, sedangkan kapal pesiar (cruise) sebanyak 10 kapal (per November 2016) dengan total wisman sebanyak 9.763 orang di mana sebagian besar wisman yang berkunjung ke Sabang melakukan aktivitas menyelam.

Sail Sabang akan berlangsung di Sabang (Pulau Weh), Nanggroe Aceh Darussalam, pada 28 November hingga 5 Desember 2017.
Berdasarkan kesepakatan dalam rakor yang dipimpin Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (29/3), Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema "Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" akan berlangsung di empat lokasi, yakni Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort dan Kilometer Nol.
Puncak acara akan berlangsung di Sabang Fair dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo, pada 2 Desember 2017.