Ratusan rumah Mandailing Natal rusak akibat banjir

id banjir, rumah rusak, terendam air, Bukit Malintang, Mandaling Natal

Ratusan rumah Mandailing Natal rusak akibat banjir

Ilustrasi - Korban banjir (ANTARA FOTO)

Panyabungan, Sumut (Antarasumsel.com) - Ratusan rumah di Kabupaten Mandaling Natal, Sumatera Utara, rusak akibat banjir bandang yang melanda daerah itu disebabkan meluapnya Sungai Aek Botung dan Aek Simalagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mandailing Natal Irwan Nuh di Panyabungan, Senin, mengatakan, akibat tingginya curah hujan yang mengguyur daerah itu pada Minggu (26/3), mengakibatkan dua daerah di kabupaten tersebut dihantam banjir bandang.

Adapun daerah yang terkena dampak banjir itu adalah Kecamatan Bukit Malintang  dan Kecamatan Hutabargot.

Selain merusak ratusan rumah dan menghanyutkan dua unit mobil, juga mengakibatkan seorang warga Kecamatan Bukit Malintang bernama Misbah (80 tahun)  meninggal dunia akibat hanyut terbawa arus sungai.

Dari data yang diperoleh di lapangan, banjir di Kecamatan Bukit Malintang melanda tiga desa terkena dampak banjir tersebut yakni Desa Malintang, Desa Malintang Jae, dan Desa Malintang Julu, sedangkan di Kecamatan Hutabargot yang terkena dampaknya adalah desa Simalagi.

Banjir bandang yang melanda Kecamatan Bukit Malintang terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 21.30 WIB, sedangkan di Desa Simalagi Kecamatan Hutabargot terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

"Banjir yang terjadi di Kecamatan Bukit Malintang dan Kecamatan Hutabargot terjadi diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang melanda wilayah tersebut sehingga membuat sungai Aek Botung dan Aek Simalagi meluap," katanya.

Banjir yang melanda dua kecamatan itu juga merusak sekitar 200 hektare areal persawahan milik warga.

"Untuk kecamatan Bukit Malintang mengakibatkan satu orang korban jiwa, tiga rumah hanyut, 11 rumah rusak berat, 100 rumah rusak ringan dan merusak areal persawahan 200 hektare," katanya.

Sementara akibat banjir yang melanda Desa Simalagi Kecamatan Hutabargot mengakibatkan satu unit MCK rusak, satu unit warung hanyut, dua unit mobil hanyut, 60 rumah terendam dan 300 warga mengungsi.