Vinales juara MOTO GP Qatar

id Maverick Vinales, MOTO GP, Qatar, Marc Marquez, Honda, yamaha

Vinales juara MOTO GP Qatar

Maverick Vinales (Antarasumsel.com/Reuters)

Doha (Antara/Reuters) - Maverick Vinales memenangi balapan pembuka musim Moto GP Qatar yang tertunda karena hujan dan harus dipersingkat pada Minggu, pada balapan debutnya untuk Yamaha.  
Pebalap Italia Andrea Dovizioso menghuni posisi kedua untuk Ducati, sedangkan kompatriotnya Valentino Rossi, pada usia 38 tahun, kembali ke podium dengan menduduki posisi ketiga untuk Yamaha.

Juara bertahan yang membela Honda Marc Marquez finis di posisi keempat pada malam yang menyajikan kompatriotnya Vinales turun dari posisi terdepan ke urutan kelima pada lap pembukaan, sebelum mampu bangkit untuk mengukir kemenangan kedua sepanjang karirnya.

Balapan ini dimulai dengan ditunda selama 45 menit setelah hujan yang mengguyur trek, di mana banyak terjadi diskusi di antara para pebalap yang melakukan pemanasan sebanyak dua lap sebelum Vinales mengambil posisinya di grid terdepan.

Balapan ini dipangkas menjadi hanya 20 lap, sehari setelah kualifikasi dibatalkan karena cuaca buruk.   
Pebalap Italia Andrea Iannone mengambil alih posisi pimpinan balapan pada awal, di mana rookie asal Prancis serta juara Moto2 dua kali Johann Zarco melejit dari baris kedua untuk berada di belakangnya, sedangkan Marquez berada di urutan ketiga.

Zarco, yang kini membela tim Tech3 Yamaha, kemudian memimpin dan mulai melakukan apa yang semestinya dapat menjadi penampilan sensasional seandainya ia tidak terjatuh enam lap berikutnya.

Iannone juga terjatuh, membuat Dovizioso bertarung dengan para pebalap Yamaha dan Marquez sebelum kemudian penampilan pebalap Spanyol itu mengendur.

Vinales dan Dovizioso bertukar posisi terdepan sebelum pebalap Spanyol itu, yang merupakan pemenang balapan musim lalu saat masih memperkuat Suzuki, mengamankan posisi itu pada dua lap sebelum lap terakhir.

    
   Perasaan hebat
"Ini terasa hebat. Treknya begitu sulit," kata sang pemenang.

"Lap pertama saya sangat berhati-hati, kemudian ketika orang-orang mulai menekan saya berkata, "Baiklah, inilah saatnya untuk menekan," dan saya mulai untuk bangkit sedikit demi sedikit -- saya tidak ingin terlalu merusak ban."
"Ngomong-ngomong, sepeda motor ini hebat," kata pebalap Yamaha itu, yang menjadi pebalap tercepat pada setiap tes pra musim sebelum tiba di Timur Tengah.

Rossi, juara dunia sembilan kali, start dari posisi kesepuluh dan membalap dengan kamera yang lepas dari bagian belakang sepeda motornya setelah sempat melakukan kontak dengan pebalap Britania Cal Crutchlow menuju tikungan pertama.

"Jika saya harus bertaruh bahwa saya akan naik podium pada hari ini, saya tentu saja tidak akan bertaruh," kata pebalap Italia itu.   
"Namun kami tidak pernah menyerah. Kami berusaha maksimal, kami mencoba tiga atau empat pengaturan yang berbeda pagi ini... Namun saya sangat menikmatinya."
Juara dunia tiga kali asal Spanyol Jorge Lorenzo, yang merupakan pemenang tahun lalu di Qatar yang posisinya di Yamaha diambil alih Vinales setelah ia pindah ke Ducati, finis di posisi ke-11.   (H-RF)