Lewis Hamilton raih start terdepan di Australia

id lewis hamilton, formula 1, balap mobil, Grand Prix Australia

Lewis Hamilton raih start terdepan di Australia

Lewis Hamilton (Reuters)

Melbourne (Antara/Reuters) - Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, meraih posisi start terdepan setelah menjadi yang tercepat di babak kualifikasi Grand Prix Australia pada Sabtu, bersaing ketat dengan pebalap Ferrari Sebastian Vettel yang menempati posisi dua.

Rekan baru satu tim Hamilton, Valtteri Bottas akan start dari posisi ketiga, di depan pebalap Ferrari Kimi Raikonen yang menempati posisi empat.

Hamilton melaju satu lap penuh dengan waktu satu menit 22,188 detik yang merupakan rekor lap baru di Albert Park dan 0,268 detik di depan empat kali juara Formula 1 Sebastian Vettel.

Pebalap berusia 32 tahun itu, meraih "pole position"-nya yang ke-62 di Formula 1 setelah beberapa aksi balap yang hebat di akhir sesi melawan Vettel dan juga Bottas yang menyeberang dari Williams setelah pensiunnya mantan juara Nico Rosberg.

Hamilton menyelesaikan putarannya dengan mengangkat jari telunjuknya, akan tetapi pihak Ferrari tersemangati oleh kinerja Vettel.

"Saya kehilangan sedikit pada tikungan satu. Bagaimanapun, pekerjaan yang bagus," kata Vettel di radio timnya.

Pebalap Red Bull Max Verstappen akan start dari posisi lima, namun ini adalah hari yang harus dilupakan untuk harapan tuan rumah, Daniel Ricciardo, yang akan mulai dari posisi 10 setelah tergelincir di tikungan 14 dan berakhir di kerikil pada awal sesi kualifikasi akhir.

"Saya baik-baik saja, maaf semua," katanya di radio tim.

Fernando Alonso berhasil melewati Q1 namun terpaksa masuk ke pit di pertengahan Q2 setelah menilai ada masalah di tenaga mobilnya, yang meneruskan masalah ketahanan mobil yang melanda McLaren selama semusim terakhir.

Rekan satu timnya, Stoffel Vandoorne yang merupakan pendatang baru di musim ini, juga mengalami masalah di Q1 dan akan mulai balap dari posisi 18.

Pendatang baru Williams, Lance Stroll menempati posisi 19 di sesi kualifikasi pertama, tetapi akan mulai dari posisi terakhir di barisan start setelah mendapat hukuman pengurangan lima tempat karena membutuhkan gearbox baru setelah kecelakaan selama latihan awal pada Sabtu.

Pebalap Sauber Antonio Giovinazzi, pengganti pebalap Jerman Pascal Wehrlein yang menarik diri dari balapan karena masalah kebugaran, akan mulai di posisi 16 setelah debut mengesankan di babak kualifikasi, satu di belakang dengan rekan setimnya Marcus Ericsson.