Jepang dan Iran raih kemenangan pada kualifikasi

id sepakbola, piala dunia, kualifikasi, penyisihan, final Piala Dunia, Vahid Halilhodzic, Uni Emirat Arab, Qatar

Jepang dan Iran raih kemenangan pada kualifikasi

Ilustrasi - Petandingan sepak bola (REUTERS/Dominic Ebenbichler)

Al AIn (Antara/Reuters) - Jepang masih berada di jalur untuk mengamankan tiket mereka ke putaran final Piala Dunia tahun depan, ketika pasukan Vahid Halilhodzic menang 2-0 atas Uni Emirat Arab pada Kamis, sedangkan Iran menang 1-0 atas Qatar.

Yuya Kubo dan Yasuyuki Konno mencetak gol untuk Jepang, ketika juara Asia empat kali itu tetap terkunci 13 angka dengan Arab Saudi di Grup B kualifikasi zona Asia setelah pasukan Bert van Marwijk mencatatkan kemenangan 3-0 atas Thailand di Bangkok.

Kedua negara ini unggul tiga angka di puncak klasemen, dengan Australia turun ke peringkat ketiga akibat bermain imbang 1-1 dengan Irak di Tehran. Peringkat ketiga masing-masing grup zona Asia akan mengikuti putaran playoff.

Mathew Leckie membawa "The Socceroos" memimpin pada menit ke-39 namun Ahmed Yassin mampu mencetak gol dari jarak dekat saat pertandingan tinggal menyisakan 14 menit untuk mengamankan satu angka bagi Irak.

"Ini merupakan pertandingan berat," kata pelatih Australia Ange Postecoglou kepada Fox Sports.

"Kami tidak cukup kuat di area-area pertahanan dan kami terus berebut untuk beberapa hal dan tidak pernah benar-benar menguasai pertandingan. Menurut saya babak pertama, pada 20 menit terakhir, kami mendapatkan kendali yang bagus dan mungkin memerlukan gol kedua dan pada akhirnya mereka mendapatkan satu."
"Penampilan kami mungkin tidak menjamin tiga angka pada hari ini dan kredit yang adil untuk mereka yang bekerja keras. Kami tidak tampil baik pada babak kedua dan pada akhirnya mereka mungkin mendapatkan angka yang layak mereka dapatkan."
Arab Saudi meraih kemenangan di Bangkok ketika negara Teluk itu meneruskan laju mereka terhadap penampilan perdana di Piala Dunia sejak 2006, di mana penyerang Mohammad Al Sahlawi mencetak gol untuk mengukir gol ke-15 di semua fase kualifikasi sejauh ini.

Sementara itu, Iran mempererat genggaman mereka terhadap peringkat teratas Grup A dengan kemenangan 1-0 atas Qatar yang membawa pasukan Carlos Queiroz unggul empat angka atas tim peringkat kedua Korea Selatan dan Korsel unggul satu angka atas Uzbekistan di peringkat ketiga.

Mehdi Taremi mencetak gol semata wayang pada pertandingan ini untuk Iran ketika peluang-peluang Qatar untuk tampil di Piala Dunia sebelum bertindak sebagai tuan rumah pada 2022 terlihat mengecil dengan cepat ketika mereka turun ke dasar klasemen.

Suriah mendapatkan penalti menjelang pertandingan usai yang dieksekusi dengan sempurna oleh Omar Khrbin, yang menjaga peluang mereka untuk tampil di putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya tetap terjaga, ketika mereka secara mengejutkan menang 1-0 atas Uzbekistan.

Meski terpaksa memainkan pertandingan-pertandingan kandang mereka di tempat netral di Malaysia karena masalah keamanan di Suriah, tim nasional negara itu hanya terpaut dua angka dari Korsel, yang menghuni peringkat kedua di Grup A.

Korsel kalah dari China ketika pasukan Marcello Lippi mengamankan kemenangan perdana di fase ini melalui gol Yu Dabao, dengan kemenangan ini China memiliki lima angka untuk memelihara peluang tipis mereka untuk lolos ke putaran final tahun depan.   (H-RF)