Minggu, 20 Agustus 2017

Dinas pendidikan Sumsel verifikasi data guru honor

id Dinas Pendidikan, Widodo, guru honor, verifikasi, gaji honor
Dinas pendidikan Sumsel verifikasi data guru honor
Widodo (Antarasumsel.com/Susi/Ang)
Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan saat ini tengah melakukan verifikasi data guru honor yang dilimpahkan dari kabupaten/kota, karena hingga kini jumlahnya terus bertambah.

Jumlah guru honor terus bertambah pada April 2016 dilaporkan ada 346 orang, kemudian Oktober 705 orang, Desember 1.200, dan sekarang ini jumlahnya mencapai di atas 2.000 guru honor, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo seusai menghadiri wisuda mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang, Kamis.

Untuk mengetahui secara pasti jumlah guru honor dari sekolah menengah atas dan kejuruan yang dilimpahkan statusnya dari kabupaten/kota ke provinsi, perlu dilakukan penelitian ulang atau verifikasi, katanya.

Dia menjelaskan, verifikasi data guru honor tersebut perlu dilakukan untuk dijadikan dasar hukum pembayaran gajinya yang dalam beberapa bulan ini belum dibayarkan.

Pembayaran gaji guru honorer memerlukan data yang pasti dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum dan administrasi, sehingga gaji diberikan kepada guru honor benar-benar tercatat secara resmi dengan dibuktikan surat keputusan (SK) dari pejabat berwenang, katanya.

Menurut dia, dengan belum adanya data hasil verifikasi, hingga Maret 2017 ini pihaknya belum bisa membayarkan gaji guru honor SMA/SMK yang dilimpahkan dari daerah ke Pemprov Sumsel.

Uang untuk membayar gaji guru honor sudah ada, namun untuk mendistribusikannya kepada mereka perlu hati-hati, sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur, kata Widodo.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga