Desainer Palembang "Siung-Siung" munculkan desain batik corak Jepri

id Muhammad Raffan, desainer, Siung-Siung, beragam warna, Palembang Fashion Week, Coing
Desainer Palembang
Dari Kiri-Kanan : Perwakilan Stage Management Bimbo Titaley, Desaigner Palembang Siung Siung, Perwakilan Rotelli Lovalia.(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Salah seorang desainer kondang asal Sumatera Selatan Muhammad Raffan atau yang dikenal dengan brand "Siung-Siung" menampilkan karya busana berbahan kain batik khas Palembang pada gelaran Palembang Fashion Week 2017, 22-26 Maret 2017.

Koko Siung, sapaan akrab M Raffan di Palembang, Kamis, mengatakan, keinginannya memunculkan kain khas daerah dalam rancangan kali ini lebih didasarkan kepada kenyataan bahwa kain bercorak jepri ini sebatas digunakan untuk pakaian sehari-hari di masyarakat.

"Saya ingin mengangkat kelas kain jepri karena selama ini hanya dijadikan kain pakaian sehari-hari," kata Koko Siung.

Ia mengatakan, pada ajang Fashion Week ini telah membuat 14 gaun berbahan kain jepri yang tampilannya telah berubah menjadi pakaian gaun malam, gaun ke pesta, dan gaun khas untuk anak muda usia ABG.

"Tampilan pun jadi sangat mewah, jauh dari kesan seperti pakaian sehari-hari. Apalagi pada rancangan ini saya padukan dengan batu mengkilat dan brokat," kata dia.

Oleh karena itu pakaian hasil karyanya kemudian dipasarkan dengan harga diatas Rp2 juta.

Untuk memastikan kualitas bahan, ia menggandeng para penenun tradisional di Palembang.

"Tatangannya terletak pada bagaimana mewujudkan ide ditengah keterbatasan ukuran kain. Tapi, jika tidak kenal menyerah dan enjoy maka hasilnya juga akan memuaskan," kata dia.

Fashion baju berlatar eknik ini sedang tren di Tanah Air seiring dengan keinginan konsumen membeli produk khas dan ikonik.

Menurut dia, tren ini akan semakin menguat hingga tahun-tahun mendatang seiring dengan perkembangan pasar yang ingin menjajal semua segmen.

Batik Palembang menggunakan bahan antara lain sutra, alat tenun bukan mesin (ATBM), organdi, jumputan, katun, dan blongsong. Adapun motif batik Palembang di antaranya kembang jepri, lasem, sisik ikan, gribik, encim, kembang, bakung, kerak mutung, sembagi, dan salahi.

Batik Palembang mempunyai ciri khusus dengan motif halus dan warnanya yang magis.

Sewet Batik Palembang yang terkenal adalah Sewet Batik Jepri dan Batik Lasem

Sebanyak 65 desainer meramaikan gelaran Palembang Fashion Week 2017 bertema "united colour" di Palembang Indah Mall, 22-26 Maret.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga