Seruyan gelar festival Danau Sembuluh

id festival Danau Sembuluh, Danau Sembuluh, pariwisata kalimantan tengah, Bupati Seruyan, Sudarsono

Seruyan gelar festival Danau Sembuluh

Ilustrasi (ANTARA)

Kuala Pembuang, Kalteng (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Seruyan akan menggelar Festival Danau Sembuluh, untuk memperkenalkan persona Danau Sembuluh yang merupakan danau terluas di Kalimantan Tengah.

"Kita berencana menggelar Festival Danau Sembuluh sebagai rangkaian untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-15 Seruyan pada Agustus 2017 mendatang," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan saat ini sedang membentuk panitia penyelenggara Festival Danau Sembuluh, yang selanjutnya nanti akan menentukan bentuk kegiatan dalam rangka memeriahkan festival tersebut.

"Kita berharap Festival Danau Sembuluh yang digelar untuk pertama kali di Seruyan dapat terselenggara dengan baik," katanya.

Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Kalimantan dengan luas 7.832,5 hektare dan panjang 35,68 kilometer berbentuk memanjang dari Desa Terawan hingga Desa Telaga Pulang terletak di antara Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Danau Sembuluh.

Satu dari sepuluh danau terluas di Indonesia itu juga memiliki pemandangan indah, karena danau itu menjadi muara dari sungai-sungai besar dan kecil di sekitarnya seperti Sungai Kupang, Rungau dan Ramania.

Danau Sembuluh dikelilingi beberapa desa yang luasnya mencapai 2.424 kilometer persegi, yakni Sembuluh I, Sembuluh II, Bangkal dan Terawan, dengan sebagian besar masyarakatnya masih memegang tradisi dan kearifan lokal dalam mengelola sumber daya alam yang ada di danau.

Danau tersebut juga dianggap memiliki populasi ikan air tawar terbesar di Kalteng, ikan air tawar yang dimaksud di antaranya, ikan gabus, seluang, betutu, sepat, lais, baung, botia, toman, tabakang dan tapah.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Danau Sembuluh sangat potensial untuk dijadikan sebagai ikon wisata di Seruyan, bahkan di Kalteng.

"Namun selama ini Danau Sembuluh belum begitu dikenal oleh masyarakat, jadi mudah-mudahan dengan digelarnya festival dapat mempromosikan Danau Sembuluh kepada masyarakat luas," katanya.