Peran orang tua harus sejalan dengan tenaga pendidik

id orang tua, anak, guru, pendidik, mengajarkan, pendidikan, Ella Yulailawati, lembaga sekolah, peran orang tua

Peran orang tua harus sejalan dengan tenaga pendidik

Ilustrasi. (ANTARA)

Sungailiat (Antarasumsel.com) - Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Ella Yulailawati mengatakan, peran pendidikan orang tua di rumah harus sejalan dengan tenaga pendidik di sekolah.

Hal itu di katakan di Sungailiat, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa saat Sosialisasi dan Deklarasi Penuntasan Ikut PAUD Satu tahun Pra SD.

"Keselarasan pendidikan di lembaga sekolah dan di rumah yang didominasi peran orang tua menentukan sekali perkembangan anak," katanya.

Ia mengatakan, simulasi pendidikan yang odoktif sangat penting bagi perkembangan anak, dikarenakan simulasi pendidikan yang tidak tepat akan berdampak negatif bagi pendidikan selanjutnya, dan hal tersebut tidak dapat diperbaiki.

"Usia nol sampai lima tahun merupakan usia perkembangan emas, dimana saat fisik dan otak merupakan masa pertumbuhan terbaiknya, dan otak dapat menerima informasi sangat tinggi," kata Ella Yulailawati.

Dia mengatakan, anak yang kurang mendapat pendidikan usia dini baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah akan berdampak pada kurangnya kreatifitas dan kemandirian pada anak itu.

Sementara Bupati Bangka, Tarmizi Saat pihaknya mendorong peningkatkan pendidikan anak usia dini dengan mendirikan lembaga setara PAUD disetiap desa yang tersebar di delapan kecamatan.

"Pemerintah mendukung sepenuhnya pendidikan anak pra sekolah agar terciptanya persiapan diri anak pada saat masuk ke jenjang pendidikan formal," kata bupati.

Menurutnya, pihaknya mempersiapkan suatu aturan dimana nantinya setiap anak usia dini wajib untuk mengikuti pendidikan pra sekolah. Dalam aturannya nanti dimungkinkan anak yang masuk sekolah dasar diwajibkan terlebih dahulu mengikuti pendidikan setara PAUD.