78 korban jiwa akibat banjir-tanah longsor

id banjir, tanah longsor

78 korban jiwa akibat banjir-tanah longsor

Warga tengah di tengah genangan air (Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Lima (Antara/Xinhua-OANA) - Sebanyak 78 orang korban jiwa sementara ini akibat fenomena El Nino di Peru, yang melanda negeri tersebut, kata Pusat Operasi Darurat Nasional pada Selasa (21/3).

Sementara itu, mereka yang telah dipaksa meninggalkan rumah mereka berjumlah 101.104, dengan sebanyak 643.216 orang dan 141.149 rumah terpengaruh, kata pusat tersebut.

Di Ibu Kota Peru, Lima, enam orang telah meninggal, 4.972 orang lagi dipaksa pegi ke tempat penampungan, 15.570 orang terpengaruh dan 7.153 rumah rusak.

Permukaan air sejumlah sungai terus terus ditempatkan pada kondisi siaga kuning atau merah sebab permukaan air tersebut terus naik atau bertahan pada tingkat tinggi. Di Piura, bagian barat-laut negeri itu, permukaan air Sungai Tambo dan Chira mengalir dengan jumlah 1.710 meter kubik per detik.

Upaya pembangunan kembali telah dimulai jalan raya; jalan lebih dari 1.100 kilometer rusak, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Sebanyak 33 ruas jalan raya masih ditutup, terhalang atau hanya dibuka sebagian, sedangkan lebih dari 160 jembatan telah ambruk.

Bantuan kemanusiaan telah mulai mengalir ke dalam negeri, dan lebih dari 50 ton bantuan diterima dari Kolombia, Chile dan Ekuador.

Pasokan air minum mengalami masalah. Meskipun pengurangan dan pembatasan tetap diberlakukan di daerah tertentu, pasokan air di Lima telah pulih setelah lebih dari lima hari mengalami pemutusan bergilir.

Fenomena El Nino telah membuat temperatur permukaan air Samudra Pasifik jadi 29 derajat Celsius, sehingga terjadi penguapan besar dan belakangan uap air itu berubah jadi hujan lebat dan memicu tanah longsor. (Penerjemah:Chaidar)