Gubernur Sumsel dukung pembangun hotel syariah

id hotel syariah, Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan, masyarakat muslim, penginapan, PT Swarna Dwipa

Gubernur Sumsel dukung pembangun hotel syariah

Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/den)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mendukung pembangunan hotel syariah di Kota Palembang untuk memfasilitas masyarakat muslim dari berbagai daerah menginap di kota ini.

"Masyarakat muslim yang selama ini merasa kurang nyaman menginap di hotel umum karena tidak ada pilihan, masalah tersebut diharapkan segera teratasi dengan mewujudkan hotel syariah," kata Alex Noerdin, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, salah satu hotel syariah yang sekarang ini sedang dalam proses pembangunan adalah milik perusahaan daerah PT Swarna Dwipa.

Untuk mendukung pembangunan hotel syariah itu, pihaknya mengalokasikan dana APBD yang cukup besar mencapai Rp140 miliar.

Pembangunan hotel syariah milik perusahaan daerah itu diharapkan berjalan sesuai dengan rencana sehingga dapat beroperasi sebelum pelaksanaan Asian Games 2018, katanya.

Sementara Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Herlan Aspiudin menambahkan, jumlah kamar hotel berbintang di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya terus meningkat seiring selesainya pembangunan sejumlah hotel baru dalam beberapa bulan terakhir.

"Kehadiran hotel baru dan segera menyusul beberapa hotel baru lainnya merupakan komitmen Pengurus PHRI Sumatera Selatan menyediakan ribuan kamar baru untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018," ujarnya.

Dengan melihat perkembangan pembangunan hotel baru sesuai dengan rencana, pihaknya optimistis mampu mewujudkan tambahan 3.000 kamar baru untuk mendukung Kota Palembang menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Perkembangan pembangunan hotel baru yang dilakukan sejak dua tahun terakhir berjalan sesuai rencana, melihat kondisi tersebut optimistis tambahan ribuan kamar baru bisa segera terwujud sesuai target yang ditetapkan.

Berdasarkan data, hingga kini ada 142 hotel berbintang dan kelas melati di wilayah Kota Palembang dengan memiliki 8.000 kamar.

Keberadaan hotel syariah milik perusahaan daerah Pemprov Sumsel dan adanya penambahan kamar dengan pola pengembangan kapasitas kamar hotel lama dan pembangunan hotel baru dilakukan anggota PHRI, diharapkan pada ajang olahraga tingkat Asia nanti berlangsung seluruh peserta dan tamu dapat dilayani dengan baik, kata Herlan.