Selasa, 27 Juni 2017

PT KAI gelar dongeng tengang kereta api

id dogeng, Kereta Api Indonesia, dongeng tentang perkeretaapian, Komunitas Dongeng Dakocan, Franoto Wibowo
PT KAI gelar dongeng tengang kereta api
Ilustrasi Seorang pendongeng bercerita di depan anak-anak.(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17) ()
Bandarlampung (Antarasumsel.com) - PT Kereta Api Indonesia Subdivisi Regional III.2 Tanjungkarang di Provinsi Lampung meramaikan Hari Dongeng Internasional 20 Maret 2017 dengan menyelenggarakan acara dongeng tentang perkeretaapian.

Acara hasil kolaborasi PT KAI Tanjungkarang dengan Komunitas Dongeng Dakocan, di Bandarlampung, Senin, diselenggarakan di Stasiun Kereta Api Tanjungkarang.

Menurut Franoto Wibowo, Humas PT KAI Subdivisi Regional III.2 Tanjungkarang bahwa melalui dongeng itu disampaikan tentang perkeretaapian seperti apa. "Melalui dongeng disebarkan pengetahuan tentang tata cara naik kereta api, sekaligus mencegah aksi vandalisme terhadap kereta api dan gangguan pada rel KA yang masih terjadi," katanya lagi.

Acara itu dihadiri oleh seratusan pelajar SD dan TK dari sejumlah sekolah di Bandarlampung.

Materi dongeng yang disajikan oleh Iin Muthmainnah, pendongeng dan aktivis pendidikan di Lampung itu, meliputi pengenalan tentang profesi dan aktivitas di atas kereta api. Dalam materi tersebut para pelajar diberi pengetahuan tentang bagaimana proses keberangkatan kereta api.

Anak-anak yang hadir juga diberi pembekalan tentang bahaya aktivitas vandalisme bagi rel dan kereta api yang dapat membahayakan keselamatan penumpangnya.

Menurut Franoto, didampingi Iin Muthmainnah, materi tentang vandalisme pada jalur kereta api dianggap penting untuk disampaikan, mengingat pada jalur kereta api di wilayah Lampung dan Sumbagsel sering terjadi kegiatan vandalisme yang dilakukan oleh anak-anak.

Aksi vandalisme itu, seperti melempar batu ke kereta api yang sedang melintas, dan pencurian besi rel.

Materi dongeng yang disajikan untuk mengingatkan kembali kepada anak-anak tentang pentingnya mencintai kereta api.

Agustina, salah satu siswi SD yang mengikuti acara mendongeng itu, mengaku senang mendapatkan cerita tentang perkeretaapian tersebut.

Menurut Franoto Wibowo, saat ini PT KAI Subdivisi Regional Tanjungkarang di Lampung telah melayani 1.500-an penumpang dalam sehari untuk segala tujuan. Pada kereta api jalur Bandarlampung-Palembang, PT KAI memberangkatkan dua trip perjalanan pagi dan malam hari dengan total penumpang mencapai 1.100-an orang. Sedangkan untuk trip jarak pendek, PT KAI memiliki empat kali keberangkatan dengan jalur Bandarlampung-Kotabumi, Lampung Utara. Jalur ini melayani total 400-an penumpang setiap hari.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga