Arena boling Asian Games ditarget November 2017

id arena, bowling, asian games, Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, sertifikasi federasi internasional, FIQ

Arena boling Asian Games ditarget November 2017

Alex Noerdin meninjau pembangunan renovasi arena di Komplek Jakabaring Sport City (JSC). (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Arena boling Asian Games XVIII/2018 di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, ditargetkan selesai November 2017 supaya dapat mengikuti proses sertifikasi federasi internasional FIQ.

Vice Director of Sport Department Inasgoc Lukman Niode di Palembang, Minggu, mengatakan proses sertifikasi itu diharuskan selesai pada delapan bulan sebelum pelaksanaan pertandingan sehingga Sumsel diharuskan bisa merampungkan antara November-Desember 2017.

"Mengapa diminta November, karena saya khawatir ada pengaruh cuaca sehingga pengerjaan jadi molor," kata Lukman disela-sela pertemuan Dewan Olimpiade Asia (OCA) dengan panitia penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc)

Terkait sertifikasi ini, mantan perenang nasional ini mengatakan bukan perkara mudah karena setiap federasi internasional cabang olahraga telah menetapkan standarnya.

Untuk itu, panitia penyelenggara dalam membangun arena sebaiknya dan seharusnya melibatkan delegasi teknik (TD) dari induk cabang olahraga federasi internasionalnya masing-masing.

Inasgoc juga berharap keaktifan dari Pengurus Besar cabang olahraga untuk mendatangkan tim TD internasional beberapa kali ke Palembang dalam proses pembangunan.

"Seperti di Palembang, saat ini lagi bangun boling dan dayung, tentunya harus didampingi TD supaya arena yang dibangun hampir pasti tersertifikasi," tuturnya.

Asian Games ke-18 digelar di Jakarta dan Palembang.

Pada Rapat Koordinasi Komite Corcom ke-6 yang dijadwalkan pada Senin (6/3) di Jakarta akan disepakati pembagian cabang olahraga.

Kota Palembang akan diputuskan menggelar sepuluh cabang olahraga yakni sepak bola, basket, tenis, soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, dan panjat tebing.

Terdapat empat arena yang sedang dibangun dan direnovasi yakni Stadion Menembak berupa pembangunan arena skeet dan trap, Arena Dayung berupa perluasan danau buatan, Arena Boling sedang dilakukan pembangunan baru, Stadion Tenis yakni penambahan lapangan.