Festival anak shaleh berlangsung di Betung

id festival, festival anak shaleh

Festival anak shaleh berlangsung di Betung

Festival anak shaleh berlangsung di Betung, Banyuasin (Antarasumsel.com/M Syafei/17)

Banyuasin (Antarasumsel.com) - Festival anak shaleh Indonesia yang ke 10 tingkat kecamatan dalam tema "juara santri jujur arif dan ramah" berlangsung di Betung Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW BKPRMI) Sumsel, Syamsul Rizal di Kecamatan Betung, Banyuasin,  mengatakan, dengan adanya Festival Anak Shaleh Indonesia (Fasi) ini dapat menyampaikan pesan yang baik (Syiar Islam) dan ajang silaturahmi antar pengurus, ustadz, ustadzah serta wali santri.

Dia melanjutkan, selain dari syiar dan silaturahmi, sebagai bahan evaluasi, Fasi ini juga dapat menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan para santri.

Salah satunya, Tartil Quran, Adzan serta Iqomah, Nasyid Islami, cerdas cermat Al Quran, mewarnai gambar, peragaan shalat,  tilawah, terjemah Lafdziyah, Tahfidz Jus Amma, kisah Islami, kaligrafi dan pidato bahasa Indonesia, katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Fasi ini tingkatannya berjenjang dari kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional.

Melalui Fasi ini diharapkan para santri khususnya di Kecamatan Betung semakin semangat belajar,  sedangkan untuk ustadz dan ustadzah juga bisa menjadi bahan evaluasi agar kedepannya santri dapat berprestasi hingga tingkat nasional.

Selanjutnya, untuk pemerintah daerah agar segera merealisasikan Peraturan Gubernur, dan kegiatan lainnya untuk segera mengikuti Perda Banyuasin No 15 tahun 2014 tentang baca tulis Al Quran.

Sementara, salah satu juri Fasi, Muhammad Amir mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan terus meningkatkan kualitas para santri terhadap baca tulis Al Quran.

"Untuk kedepannya, diharapkan acara Fasi terus ditingkatkan dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah," katanya.