Dinsos: Program jam malam minimalisasi kenakalan remaja

id remaja, dinas sosial, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mikron Antariksa, jam malam, kenakalan remaja

Dinsos: Program jam malam minimalisasi kenakalan remaja

Ilustrasi (Foto IST)

Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mikron Antariksa mengatakan program jam malam bagi anak-anak atau siswa yang diberlakukan pemerintah kota berguna untuk meminimalisasi kenakalan remaja.

"Program jam malam atau Maghrib di masjid sangat bagus dan sebagai bukti kongkrit kepedulian pemkot terhadap masa depan anak-anak. Akan tetapi semua ini akan jadi sia-sia jika tanpa adanya dukungan masyrakat," ujarnya di Pangkalpinang, Minggu.

Menurut dia, untuk meminimalisasi tindak kekerasan, seks bebas maupun tindak pidana yang dilakukan anak-anak, maka seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah harus bekerja dengan ekstra waktu.

"Apabila kita hanya mengandalkan program maka permasalahan tersebut tidak akan pernah terselesaikan seperti yang diharapkan, maka harus ada partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk membantu pemerintah dengan cara mengawasi dan mendidik anak-anak di rumah dengan pendidikan religius serta mengarahkan kepada hal-hal yang positif," ujarnya.

Dikatakannya, langkah pasti dari Dinsos yakni akan sering melakukan sosialisasi baik di sekolah atau menyentuh langsung ke lingkungannya untuk memberikan pengetahuan bahwa anak-anak ini memiliki haknya.

"Kami di sini sifatnya lebih kepada perlindungan anak-anak untuk mendapatkan haknya seperti hak untuk sekolah, hak bermain dan lain sebagainya," katanya.