Longsor tutupi badan jalan di Aceh selatan

id longsor, jalan rusak, buntu, aceh selatan

Longsor tutupi badan jalan di Aceh selatan

Iilustrasi longsor (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo/Ag)

Tapaktuan, Aceh (Antarasumsel.com) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan sejak Sabtu (25/2) sore hingga malam, telah mengakibatkan terjadi longsor batu besar di kawasan tikungan Gunung Tugu, Kecamatan Tapaktuan, sehingga menutupi badan jalan.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK melalui Kapolsek Kota Tapaktuan AKP Mustafa di Tapaktuan, Minggu mengatakan, longsoran di badan jalan negara lintasan Tapaktuan - Sumatera Utara, tersebut sempat mengganggu arus lalu lintas selama beberapa saat pada Sabtu malam.

Batu gunung berukuran besar yang jatuh ke atas badan jalan dari sisi gunung menutupi setengah badan jalan, sehingga kenderaan roda empat sulit untuk melintas, ujar dia.

Dikatakan, arus transportasi di ruas jalan lintasan nasional tersebut sudah normal kembali sekitar pukul 24.00 WIB, setelah alat berat dozer dari Dinas Pekerjaan Umum Aceh Selatan memindahkan tumpukan bongkahan batu besar di badan jalan.

Petugas kepolisian yang langsung mengamankan lokasi pada Sabtu malam terpaksa harus menerapkan sistem buka tutup ruas jalan untuk menghindari terjadinya macet. Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat dari kedua arah terlihat antri sepanjang lebih kurang 500 meter dibawah guyuran hujan lebat.

"Meskipun masih sistem buka tutup tapi sekitar pukul 24.00 WIB tersebut ruas jalan sudah normal karena sudah bisa dilewati kendaraan semua jenis," ujar dia.

Namun untuk pembersihan keseluruhan tumpukan batu di badan jalan, baru bisa dilakukan pada Minggu pagi karena di samping alat berat dozer yang dikerahkan pada malam ini berukuran kecil sehingga tidak mampu memindahkan batu besar juga faktor hujan deras disertai cuaca gelap," kata Mustafa.

Pantauan wartawan pada Minggu pagi, satu unit alat berat dozer berukuran besar yang dikerahkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dengan pengawalan beberapa petugas kepolisian Polres Aceh Selatan terlihat sedang memindahkan seluruh tumpukan material batu besar di atas badan jalan.

Hingga pukul 12.20 WIB, para pekerja terlihat masih belum berhasil membersihkan badan jalan yang tertutup batu besar tersebut. Sedangkan untuk memperlancar arus transportasi pihak polisi masih tetap memberlakukan sistem buka tutup, katanya.