Iborra bawa sevilla menangi "derby"

id Vicente Iborra, Kapten Sevilla, pemain pengganti, markas rival lokal, Real Betis

Iborra bawa sevilla menangi "derby"

Vicente Iborra (Antarasumsel.com/Reuters)

Seville (Antara/Reuters) - Kapten Sevilla Vicente Iborra masuk sebagai pemain pengganti untuk memimpin kebangkitan timnya pada babak kedua di markas rival lokalnya Real Betis pada Sabtu, menjadi aktor terciptanya gol dan mengemas gol saat mereka menang 2-1 yang untuk sementara membawa pasukan Jorge Sampaoli berbagi posisi pemuncak klasemen.
Tim tamu terlihat masih kelelahan dari kemenangan mereka atas Leicester City di Liga Champions pada Rabu, ketika mereka dibuat tertekan oleh Betis, yang membuka keunggulan melalui tendangan bebas Riza Durmisi pada menit ke-36, pada babak pertama.

Sampaoli melakukan pergantian pemain ganda pada awal babak kedua, memasukkan Iborra dan penyerang Wissam Ben Yedder, dan Iborra menjadi aktor di balik gol penyama kedudukan yang dibukukan Gabriel Mercado pada menit ke-56, menyodorkan bola kepada pemain bertahan asal Argentina itu untuk disambar menjadi gol dari jarak dekat.

Sevilla kemudian mengemas gol penentu kemenangan pada menit ke-76. Steven Nzonzi menyundul tendangan bebas Samir Nasri untuk diteruskan Iborra ke sudut atas gawang, dan mengunci kemenangan keempat secara beruntun bagi Sevilla di semua kompetisi.

Mereka kini menghuni peringkat kedua di klasemen, selevel 52 angka dengan pemuncak klasemen Real Madrid, yang memiliki dua pertandingan yang belum dimainkan dan akan mengunjungi Villarreal pada Minggu. Juara bertahan Barcelona berada di peringkat ketiga dengan 51 angka dan akan memainkan pertandingan mereka melawan Atletico Madrid pada Minggu.

Didukung oleh 42.000 penggemar yang telah menanti selama 11 tahun sejak kemenangan kandang terakhir mereka atas tetangganya, Betis mendominasi babak pertama dan Sevilla dipaksa lebih banyak bertahan.

Betis total melepaskan 12 tembakan pada babak pertama, lebih banyak dari gol yang bersarang ke gawang Sevilla pada pertandingan manapun di musim ini, meski diperlukan bola mati untuk memecah kebuntuan.

Nzonzi dilanggar pemain lawan dan Durmisi mengirimkan bola melewati dinding pemain Sevilla, dan masuk ke area tiang dekat.

"Betis mendominasi kami dalam setiap aspek pada babak pertama, pada babak kedua kami harus mengubah berbagai hal dengan radikal karena jika kami mempertahankannya akan mustahil bagi kami untuk membalikkan situasi," kata Sampaoli pada konferensi pers.

"Namun kami memiliki respon hebat pada babak kedua, kami mendominasi dan menciptakan banyak peluang. Hal yang membuat saya menjadi orang yang paling berbahagia pada hari ini adalah selevel dengan Real Madrid di puncak klasemen, maka saya melipatgandakan kebahagiaan."
Pada pertandingan yang dimainkan sebelumnya pada Sabtu, Valencia tidak mampu membangun momentum dari kemenangan mengejutkan mereka atas Real Madrid pada tengah pekan dan takluk 1-2 dari Alaves meski sempat unggul pada babak kedua.

Pemain muda Carlos Soler membawa tim tamu memimpin pada menit ke-70 sebelum Ibai Gomez menyamakan kedudukan, dan Aleksandar Katai mengemas gol penentu keenangan empat menit sebelum pertandingan usai.

Leganes mendulang kemenangan pertama sejak November dengan menghancurkan Deportivo La Coruna 4-0, sehingga untuk sementara unggul lima angka atas zona degradasi. (H-RF)