Masyarakat Bengkulu waspada ispa

id ispa, dinas kesehatan, waspada penyakit, infeksi saluran pernapasan,

Bengkulu (Antarasumsel.com) - Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Minggu, menyebutkan, potensi masyarakat terserang ISPA lebih tinggi pada Februari dan Maret 2017 ini sebab cuaca di Bengkulu cukup ekstrem dengan curah hujan tinggi.

"Kelembapan udara saat ini kurang bagus untuk kesehatan masyarakat, karena bakteri lebih cepat berkembang biak pada kondisi seperti ini," kata dia.

Menurut Herwan, masyarakat setempat hendaknya mengonsumsi makanan sehat dan memperhatikan asupan nutrisi terutama bagi anak yang dalam masa pertumbuhan untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh.

Dengan makanan sehat, maka imun tubuh lanjut dia juga akan semakin lebih baik untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrem seperti ini.

"Jangan lupa, jaga kebugaran dengan berolahraga ringan secara teratur, setidaknya 30 menit setiap hari," ucap Herwan.

Selain bahaya ISPA, curah hujan tinggi juga meningkatkan potensi masyarakat terkena penyakit infeksi kulit, usus maupun pencernaan, hal ini diakibatkan kualitas lingkungan dan air yang kurang sehat.

"Kasus DBD juga bisa saja meningkat jika masyarakat tidak perhatian dan membiarkan barang bekas menampung air hujan," ujarnya.

Pada 2017 ini didata belasan orang terkena penyakit ISPA dan sebanyak 84 orang terserang wabah demam berdarah dengue. Herwan bersyukur tidak ada korban jiwa, semua penderita telah menunjukkan pemulihan kesehatan.